04 May 2011

Produk Inovasi Sederhana 2011 ( 11 )


Usefull raket cover


Nama Anggota Kelompok :
Kelas x.6
§  Dina Amalia Santika
§  Jemmy
§  Muharlan Al-hafiz
§  Puji Dinanty







Alat yang digunakan

v Gunting
v Jarum
v Mesin Jahit

Bahan yang digunakan

Ø Kain
Ø  Benang
Ø  Resleting
Ø  Busa

Langkah-langkah pembuatan

1.    siapkan bahan dan alat
2.    potong busa  dan kain sesuai dengan pola sarung raket
3.    jahit busa dan kain menjadi satu
4.   pasang resleting (dengan dijahit)
5.    setelah itu pasang kancing dan bunga sebagai hiasan dengan dijahit

PEMASARAN :

v Ditoko Olahraga
v  Ditoko Aksesoris
v  Ditoko Pernak Pernik

harga produksi

§  kain                 ½ m         Rp 20.000
§   jarum            1        Rp   1.500
§   benang                   1        Rp   1.500
§   kancing                 6       Rp   2.000
§   bunga hiasan    1        Rp         0
                               ________________ +
                                     Rp 25.000

KEGUNAAN BARANG :
Untuk tempat raket bulutangkis


keuntungan
Harga jual – Biaya
40.000 – 25.000 = 15.000

03 May 2011

Kimia SMP VIII RPP 8



KIMIA vIii RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP
Kelas                           : VIII (delapan)
Mata Pelajaran          : IPA KIMIA

Standar Kompetensi
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan.

Kompetensi Dasar
4.5 Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan zat psikotropika.

Indikator
1.      Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan zat psikotropika.
2.      Mendata zat adiktif dan zat psikotropika yang digunakan di bidang kesehatan.

Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.    Membedakan tujuan penggunaan zat adiktif dan zat psikotropika untuk medis dan non-medis.
2.    Menjelaskan pengertian overdosis.
3.    Menjelaskan masalah yang diakibatkan oleh penyalahgunaan zat adiktif dan zat psikotropika.
4.    Menjelaskan cara mencegah penyalahgunaan zat adiktif dan zat psikotropika.
5.    Menyebutkan contoh zat adiktif dan zat psikotropika yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan.
6.    Menuliskan contoh zat adiktif dan zat psikotropika yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan.
7.    Menjelaskan pemanfaatan zat adiktif dan zat psikotropika dalam bidang kesehatan.

Materi Pembelajaran: Cara Menghindari Diri dari Pengaruh Zat Adiktif dan Zat Psikotropika

Metode Pembelajaran
1.  Model      :  - Direct Instruction (DI)
                                  -  Cooperative Learning
              2.  Metode : -  Diskusi kelompok
 -  Ceramah

Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
-    Mengapa overdosis zat psikotropika dapat menyebabkan kematian?
-    Mengapa kloroform tidak digunakan lagi sebagai obat anestesi?
·         Prasyarat pengetahuan:
-    Apa yang dimaksud dengan overdosis?
-    Apa yang dimaksud dengan obat anestesi?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tujuan penggunaan zat adiktif dan zat psikotropika untuk medis dan non-medis.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menjelaskan pengertian overdosis.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan masalah yang diakibatkan oleh penyalahgunaan zat adiktif dan zat psikotropika.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara mencegah penyalahgunaan zat adiktif dan zat psikotropika.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan contoh zat adiktif dan zat psikotropika yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan.
l  Peserta didik diminta untuk menuliskan masing-masing lima contoh zat adiktif dan zat psikotropika yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan.
l  Guru memeriksa penulisan masing-masing lima contoh zat adiktif dan zat psikotropika yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan pemanfaatan zat adiktif dan zat psikotropika dalam bidang kesehatan.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a. Buku IPA Kimia Jl.2 (Esis) halaman 58-64
b. Buku referensi yang relevan

Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tulis
- Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
- Tes uraian
- Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes uraian
Apa yang dapat kita lakukan agar terhindar dari penyalahgunaan zat adiktif dan zat psikotropika?
- Contoh tugas rumah
Buatlah data tentang zat-zat adiktif dan zat-zat psikotropika yang digunakan dalam bidang kesehatan.



                                                                                                                        ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                                           ..............................
NIP.                                                                                                                 NIP.

Kimia SMP VIII RPP 7



KIMIA vIii RPP 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP
Kelas                           : VIII (delapan)
Mata Pelajaran          : IPA KIMIA

Standar Kompetensi
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan.

Kompetensi Dasar
4.4 Mendeskripsikan sifat atau pengaruh zat adiktif dan psikotropika.

Indikator
1.      Menjelaskan pengertian zat adiktif dan zat psikotropika.
2.      Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan zat psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.

Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.    Menjelaskan pengertian zat adiktif.
2.    Menyebutkan contoh zat adiktif.
3.    Menjelaskan pengaruh merokok bagi kesehatan.
4.    Menyebutkan bahan-bahan kimia yang berbahaya dalam rokok.
5.    Menjelaskan pengaruh minuman keras bagi kesehatan.
6.    Menyebutkan penyakit yang disebabkan oleh minuman keras.
7.    Menjelaskan pengertian zat psikotropika.
8.    Menyebutkan golongan obat-obatan psikotropika.
9.    Membedakan obat stimulan, obat depresan, dan obat halusinogen.
10.Menjelaskan dampak negatif obat-obatan psikotropika bagi kesehatan.
11.Menyebutkan penyakit yang disebabkan oleh obat-obatan psikotropika.
12.Menjelaskan dampak negatif zat adiktif dan zat psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.

Materi Pembelajaran: Zat Adiktif dan Psikotropika

Metode Pembelajaran
1. Model   : -  Direct Instruction (DI)
-  Cooperative Learning
2. Metode : -  Diskusi kelompok
-  Ceramah

Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
-   Mengapa merokok dapat berbahaya bagi ibu hamil?
     -   Apakah dampak negatif obat-obatan psikotropika bagi kesehatan?
·         Prasyarat pengetahuan:
     -   Bahan kimia apa saja yang terkandung dalam rokok?
     -   Apa yang dimaksud dengan obat-obatan psikotropika?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian zat adiktif.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan zat adiktif.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan pengaruh merokok bagi kesehatan.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan bahan-bahan kimia yang berbahaya dalam rokok.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengaruh minuman keras bagi kesehatan.
l  Perwakilan dari tiap kelompok menyebutkan penyakit yang disebabkan oleh minuman keras.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian zat psikotropika.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan golongan obat-obatan psikotropika.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan obat stimulan, obat depresan, dan obat halusinogen.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai dampak negatif obat-obatan psikotropika bagi kesehatan.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan penyakit yang disebabkan oleh obat-obatan psikotropika.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Guru menjelaskan dampak negatif zat adiktif dan zat psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a. Buku IPA Kimia Jl.2 (Esis) halaman 51-57
b. Buku referensi yang relevan

Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tulis
b. Bentuk Instrumen:
- Tes PG
- Tes uraian
c. Contoh Instrumen:
       - Contoh tes PG
Di bawah ini merupakan racun utama yang terdapat dalam rokok, kecuali ....
a. tar                                                     c.  karbon monoksida             
b. nikotin                                             d.  oksigen
       - Contoh tes uraian
Sebutkan tiga golongan obat psikotropika berikut contohnya.


                                                                                                                        ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                                           ..............................
NIP.                                                                                                                 NIP.