17 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 21



BAHASA INGGRIS XII RPP21
UNIT 6                  ENVIRONMENT AND PRESERVATION                                                      (halaman 108 s.d 131 )
 
 



RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 21


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk  narrative dan review
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah
Merespon makna dalam percakapan transaksional  dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian
Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative dan review
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
INDIKATOR
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks dialog antara Frances, Ricky, dan Mum
Mampu mengidentifikasi ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting dari teks lisan narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya
Mampu mengidentifikasi ungkapan planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal dari teks lisan narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks rumpang, teks lisan, pilihan jawaban, daftar pertanyaan terkait tentang a world with no animals
Teks tertulis dan lisan dialog antara Frances, Ricky, dan Mum
Teks lisan narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya, daftar pertanyaan


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang pelestarian hewan di Indonesia
Siswa berdiskusi tentang penyebab kepunahan hewan langka
INTI
Siswa mendengarkan teks lisan seraya melengkapi teks rumpang dan kemudian menjawab pertanyaan terkait
Siswa mendengarkan teks lisan dialog antara Frances, Ricky, dan Mum dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa mendengarkan pembacaan teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya dan mengidentifikasi ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting
Siswa mendengarkan pembacaan teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya dan mengidentifikasi ungkapan planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa melakukan dialog dengan menggunakan ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting, planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 109, 110, 111, 121, 122, 127, 128, 129, 130
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis

Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan
Isian singkat terkait teks lisan suatu dialog
Pertanyaan tentang ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting, planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal dalam teks lisan
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah, Merespon makna dalam percakapan transaksional  dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian,Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan, Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Isian singkat terkait teks lisan suatu dialog
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Pertanyaan tentang ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting, planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal dalam teks lisan
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: