17 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 37



BAHASA INGGRIS XII RPP37
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 37

MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk  narrative dan review
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang peran perempuan
Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang hak-hak perempuan
Mampu mendiskusikan pertanyaan terkait teks tulis pendek dan ilustrasi kartun ‘glass ceilling’ bagi perempuan
Mampu mempraktekkan dialog antara Mr James dan para siswanya yang mengandung ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence
Mampu menceritakan kembali secara lisan isi narrative tentang Prince Charles dan Lady Diana
Mampu menceritakan kembali secara lisan isi teks narrative tentang kematian Lady Diana
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Daftar pertanyaan tentang peran perempuan
·         What role do you think a woman should have in a family?
·         Do you think a woman should stay at home, or go out to work?
·         Etc.
Daftar pertanyaan tentang hak-hak perempuan
·         Do you think girls should be given the same opportunities as boys?
·         What jobs do you think women should do?
·         Etc.
Teks tulis pendek dan ilustrasi kartun ‘glass ceilling’ bagi perempuan, daftar pertanyaan
·         How many women can you name who have managed to get to the top of their professions?
·         Do you think that it’s right that most of the top jobs go to men?
·         Etc.
Teks tulis dialog antara Mr James dan para siswanya yang mengandung ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence
·         She would only have been called ‘Princess Diana’ if she’d been born into the royal family
·         Maybe if she’d spent more time studying and less time talking to her friends, she’d have got better results.
·         She would have a happier life, if she had been born into a poor family like mine.
·         Etc.
Teks tulis narrative tentang Prince Charles dan Lady Diana
Teks tulis narrative tentang kematian Lady Diana

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang peran perempuan di Indonesia
Siswa berdiskusi tentang perlunya pendidikan bagi perempuan
INTI
Siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang peran perempuan
Siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang hak-hak perempuan
Siswa mendiskusikan bersama teman pertanyaan tentang ‘glass ceiling’ bagi perempuan
Siswa mempraktekkan dialog antara Mr James dan para siswanya yang mengandung ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence
Siswa membaca teks tulis narrative tentang Prince Charles dan Lady Diana dan menceritakan kembali isi teks
Siswa membaca teks narrative tentang kematian Lady Diana, dan menceritakan kembali isi teks
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa membuat dan mempraktekkan dialog yang mengandung ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence
Menyimpulkan materi pelajaran

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 191, 197, 200, 204, 205
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan

Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi

Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang perempuan dan hak-haknya
Teks narrative untuk diceritakan kembali isinya secara lisan
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan yang menyatakan ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis, Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :





Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang perempuan dan hak-haknya
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Teks narrative untuk diceritakan kembali isinya secara lisan
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Jawaban tidak lengkap / buruk
8-10
6-7

4-5
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan yang menyatakan ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog tidak lengkap / buruk
8-10
6-7

4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,




-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: