17 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 27



BAHASA INGGRIS XII RPP27
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 27

MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis tentang industri tekstil di Indonesia dan Inggris
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang customer sevice industries
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis tentang call centre staff named Gunjan
Mampu menjodohkan frase untuk menyusun kalimat yang menyatakan reason dan purpose
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tentang produk dari The Royal Doulton Company
Mampu menyusun huruf-huruf acak menjadi serangkaian kata
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks tertulis tentang industri tekstil di Indonesia dan Inggris, daftar pertanyaan
Teks rumpang, pilihan jawaban, daftar pertanyaan tentang customer sevice industries
Teks tertulis tentang call centre staff named Gunjan, daftar pertanyaan
Teks penjelasan, contoh tentang cara menyatakan reason dan purpose, tabel frase
Teks tertulis tentang produk dari The Royal Doulton Company, daftar pertanyaan
Instruksi, huruf-huruf acak
Rearrange the letters in the following sentence to find out where Royal Doulton makes its products.

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang perkembangan industri garmen di Indonesia
Siswa berdiskusi tentang customer service industries
INTI
Siswa membaca teks tertulis tentang industri tekstil di Indonesia dan Inggris dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa membaca dan melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia kemudian menjawab pertanyaan terkait teks
Siswa membaca teks tertulis tentang call centre staff named Gunjan dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa membaca teks penjelasan dan contoh tentang cara menyatakan reason dan purpose dan menjodohkan frase dalam tabel dengan pasangan yang tepat
Siswa membaca teks tentang produk dari The Royal Doulton Company dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa menyusun huruf-huruf acak menjadi serangkaian kata
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa berdiskusi tentang skills dan qualities yang harus dimiliki call centre staff
Menyimpulkan materi pelajaran

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 136, 137, 138, 139, 140, 141, 142, 144, 145, 146, 147

Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek
Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia
Paragraf-paragraf acak untuk diurutkan
Menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menjadi ungkapan yang menyatakan reason dan purpose
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Paragraf-paragraf acak untuk diurutkan
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menjadi ungkapan yang menyatakan reason dan purpose
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,


-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: