17 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 30



BAHASA INGGRIS XII RPP30
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 30


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tentang Kim Phuc sebagai Goodwill Ambassador UNESCO
Mampu melengkapi teks narrative rumpang tentang Kim Phuc
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang gempa bumi di kota Bam Iran
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tulis pendek tentang International Rescue Team (IRC)
Mampu menjodohkan logo dengan deskripsi yang tepat
Mampu menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menyatakan urutan
Mampu melengkapi isian singkat tentang menyatakan urutan
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tentang International Rescue yang mengandung pernyataan contrast
Mampu melengkapi isian singkat tentang cara menyatakan contrast
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks review tentang Thunderbirds
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks tentang Kim Phuc sebagai Goodwill Ambassador UNESCO, daftar pertanyaan
Teks narrative rumpang tentang Kim Phuc, pilihan jawaban
Teks rumpang tentang gempa bumi di kota Bam Iran, pilihan jawaban, daftar pertanyaan
Teks tulis pendek dan daftar pertanyaan tentang International Rescue Team (IRC)
Instruksi, logo, deskripsi
Match the following logos with the descriptions
Instruksi, soal
Match the phrases on the left with phrases on the right.
Teks penjelasan untuk menyatakan urutan, isian singkat
·         The soldiers had lived at home with their families ..... the war started.
·         Ida has to study really hard .... she can become a doctor.
·         Etc.
Teks tertulis pendek tentang International Rescue yang mengandung pernyataan contrast, daftar pertanyaan
In spite of the fact that the world is still not at peace, arich man called Jeff Tracy decided to set up International Rescue....
Although it only started operations two years ago in 1065, International rescue has already carried out more than thirty daring rescues.
Etc.
Teks penjelasan tentang cara menyatakan contrast, isian singkat
·         They managed to get lost, ..... they had a map.
·         ..... the weather, they still decided to go.
·         Etc.
Teks review tentang Thunderbirds, daftar pertanyaan



KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang tugas-tugas badan PBB UNESCO
Siswa berdiskusi tentang tugas-tugas PMI
INTI
Siswa membaca teks tentang Kim Phuc sebagai Goodwill Ambassador UNESCO dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa membaca dan melengkapi teks narrative rumpang tentang Kim Phuc dengan pilihan jawaban yang tersedia
Siswa membaca dan melengkapi teks rumpang tentang gempa bumi di kota Bam Iran dengan pilihan jawaban yang tersedia dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa membaca teks tulis pendek tentang International Rescue Team (IRC) dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa menjodohkan logo dengan deskripsi yang tepat
Siswa menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menyatakan urutan
Siswa membaca teks penjelasan untuk menyatakan urutan dan melengkapi isian singkat
Siswa membaca teks tertulis pendek tentang International Rescue yang mengandung pernyataan contrast dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa membaca teks penjelasan tentang cara menyatakan contrast dan melengkapi isian singkat
Siswa membaca teks review tentang Thunderbirds dan menjawab pertanyaan terkait
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa membuat kalimat dengan menggunakan ungkapan yang menyatakan contrast
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 151, 152, 153, 154, 155, 156, 157, 158, 161, 162, 163, 164,
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek / narrative
Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia
Isian singkat tentang ungkapan yang menyatakan contrast
Daftar pertanyaan terkait teks review
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis,Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar pertanyaan tertulis terkait teks / esai pendek / narrative
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / Jawaban salah
2
1

0
Teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Isian singkat tentang ungkapan yang menyatakan contrast
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Daftar pertanyaan terkait teks review
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / Jawaban salah
2
1

0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,


-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: