17 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 32



BAHASA INGGRIS XII RPP32
UNIT 9                  ENERGY                                                                                                (halaman 170 s.d 189)
 
 



RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 32


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit


TEMA


STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk  narrative dan review

KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan

INDIKATOR
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang sources of power
Mampu mengidentifikasi ungkapan yang menyatakan ‘method’ dari dialog lisan antara Mr Johns, Budi, dan Andria

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks rumpang, teks lisan tentang sources of power, pilihan jawaban, daftar pertanyaan
Teks lisan dialog antara Mr Johns, Budi, dan Andria yang mengandung ungkapan ‘method’
Budi: What do they do with the hydro-electric and geothermal power?
Andria: They make electricity from hydro-electric power  by using water to turn the blades of turbines. Geothermal power produces electricity by using steam to turn the turbine blades.
Etc.


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang sumber-sumber energi
Siswa berdiskusi tentang sumber energi alternatif
INTI
Siswa mendengarkan teks lisan tentang sources of power seraya melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia, kemudian menjawab pertanyaan terkait
Siswa mendengarkan teks dialog lisan antara Mr Johns, Budi, dan Andria dan mengidentifikasi ungkapan yang menyatakan ‘method’
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa membuat dan menyampaikan kalimat yang mengandung ungkapan yang menyatakan ‘method’
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 171, 172, 173, 182, 183
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis

Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan disertai pilihan jawaban
Isian singkat terkait teks lisan suatu dialog yang mengandung ungkapan yang menyatakan ‘method’
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan disertai pilihan jawaban
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Isian singkat terkait teks lisan suatu dialog yang mengandung ungkapan yang menyatakan ‘method’
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: