17 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 22



BAHASA INGGRIS XII RPP22
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 22


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan makna  dalam teks interaksional, dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut
Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk  narrative dan review
KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dengan menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur:membujuk, mendorong semangat, mengkritik , mengungkapkan harapan, dan mencegah
Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dengan menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian
Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan tentang hewan secara lisan
Mampu menjawab pertanyaan dan menyatakan pendapat tentang laut
Mampu mempraktekkan dialog antara Frances, Ricky, dan Mum
Mampu mempraktekkan ungkapan persuading, preventing, criticizing, expressing hope, giving support dari teks lisan narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya
Mampu mempraktekkan ungkapan planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal dari teks lisan narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya
Mampu menceritakan kembali secara lisan isi / garis besar teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Daftar pertanyaan
·         What types of animals can you find in the area where you live?
·         What do you think life would be like without animals?
Daftar pertanyaan
·         How many times have you been to a beach?
·         How many species of animals do you think live in the sea?
·         Do you think fish are safer in the sea, or in a public aquarium?
Instruksi, teks tertulis dialog
Frances: There aren’t any monsters in the forest, silly. They’re only in the programmes you watch on TV.
Mum: Hey, you two. I’ve warned you about arguing with each other. Why can’t you just get on with each others like normal brothers and sisters?
Ricky: Sorry, mum. It’s not me, it’s Franny. She started it.
Etc.
Teks tertulis narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya
Teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang kehidupan bawah laut
Siswa berdiskusi tentang penyebab kerusakan terumbu karang
INTI
Siswa menjawab pertanyaan tentang hewan secara lisan
Siswa menjawab pertanyaan dan menyatakan pendapat tentang laut
Siswa membaca instruksi dan mempraktekkan dialog antara Frances, Ricky, dan Mum
Siswa membaca dan mempraktekkan ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting dari teks lisan narrative
Siswa membaca dan mempraktekkan ungkapan planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal dari teks lisan narrative
Siswa mendengarkan pembacaan / membaca  teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya dan menceritakan kembali isinya
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa membuat dialog dan mempraktekkan di depan kelas dengan menggunakan ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting, planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 109, 114, 121, 127, 128, 129, 130,
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan

Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi

Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang pelestarian laut dan keanekaragaman satwa
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  



RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dengan menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur:membujuk, mendorong semangat, mengkritik , mengungkapkan harapan, dan mencegah, Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dengan menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian, Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis,Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang pelestarian laut dan keanekaragaman satwa
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog tidak lengkap / buruk
8-10
6-7

4-5
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog tidak lengkap / buruk
8-10
6-7

4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,




-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: