17 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP24



BAHASA INGGRIS XII RPP24
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 24


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4  x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan makna  dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review
KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menuliskan deskripsi berdasarkan gambar orang-utan
Mampu menentukan kalimat mana yang mendeskripsikan gambar yang tepat dan menuliskan kalimat untuk mendeskripsikan gambar coral reefs
Mampu mendesain publicity campaign tentang Indonesian coral reefs
Mampu memilih dan menuliskan kalimat peringatan (warning) yang tepat dari tabel untuk setiap gambar / tanda peringatan
Mampu menuliskan peringatan berdasarkan gambar / poster dan situasi tertentu
Mampu menulis narrative berdasarkan ketentuan yang diberikan dan menggunakan ungkapan warning, regret, aim, goal, purpose, predicting, planning, speculating, judging, persuading, supporting, critising, hoping, preventing
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Instruksi, gambar orang-utan
Instruksi, gambar, daftar kalimat
Instruksi, peta, gambar penyelam di dasar laut, contoh
Instruksi, poster / gambar tanda peringatan
Instruksi, outline dan teks penjelasan tentang narrative


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)

INTI
Siswa menuliskan beberapa kalimat untuk mendeskripsikan gambar orang-utan
Siswa menentukan kalimat mana yang mendeskripsikan gambar yang tepat dan menuliskan kalimat untuk mendeskripsikan gambar coral reefs
Siswa membaca instruksi dan mendesain publicity campaign tentang Indonesian coral reefs
Siswa memilih dan menuliskan kalimat peringatan (warning) yang tepat dari tabel untuk setiap gambar / tanda peringatan
Siswa membaca penjelasan tentang peringatan (warning) dan menuliskan peringatan berdasarkan gambar / poster dan situasi tertentu
Siswa membaca teks penjelasan tentang narrative dan menulis narrative-nya sendiri berdasarkan instruksi yang diberikan
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)



METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 113,117, 118, 119, 120, 122, 123, 124, 125, 126, 131
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Gambar / poster tentang situasi tertentu untuk dibuat peringatannya
Gambar / foto satwa langka untuk dideskripsikan
Instruksi dan outline untuk membuat publicity campaign
Instruksi dan outline untuk menulis narrative
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Gambar / poster tentang situasi tertentu untuk dibuat peringatannya

Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1
0
Gambar / foto satwa langka untuk dideskripsikan
Deskripsi sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Deskripsi buruk
8-10
6-7
4-5
Instruksi dan outline untuk membuat publicity campaign

Publicity campaign sesuai outline, kaidah kebahasaan sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Publicity campaign tidak sesuai outline
8-10
6-7
4-5
Instruksi dan outline untuk menulis narrative
Narrative sesuai outline, kaidah kebahasaan sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Narrative tidak sesuai outline
8-10
6-7
4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: