17 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 31



BAHASA INGGRIS XII RPP31
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 31


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan makna  dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review
KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menuliskan deskripsi tentang gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam
Mampu menulis review berdasarkan ketentuan yang diberikan
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Instruksi, gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam
Write a few ideas on the lines below each picture.
Teks penjelasan tentang review, instruksi
Write a review of your own using the following ideas:
·         Your review should be about a film you have watched recently
·         The review should use the structure shown in task K
·         You should find ways to express ideas of contrast



KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa diperlihatkan foto-foto tentang penanganan bencana tsunami di Aceh dari media cetak / internet dan ditanyai pendapatnya
INTI
Siswa menuliskan deskripsi tentang gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam
Siswa menulis review berdasarkan ketentuan yang diberikan
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa menyampaikan isi review yang ditulisnya di depan kelas
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 159, 165
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam untuk dideskripsikan
Instruksi dan outline untuk menulis review
Gambar / poster untuk dibuat kalimat yang mengandung ungkapan yang menyatakan contrast
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam untuk dideskripsikan

Deskripsi sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Deskripsi buruk
8-10
6-7
4-5
Instruksi dan outline untuk menulis review

Review sesuai outline, kaidah kebahasaan sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Review tidak sesuai outline
8-10
6-7
4-5
Gambar / poster untuk dibuat kalimat yang mengandung ungkapan yang menyatakan contrast
Kalimat sesuai gambar, kaidah kebahasaan sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Kalimat tidak sesuai gambar
2
1
½

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: