17 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 39



BAHASA INGGRIS XII RPP39
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 39

MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan makna  dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review
KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menulis surat pembaca dengan gaya formal dengan menyatakan persetujuan / ketidaksetujuan terhadap surat pembaca yang ditulis orang pertama tentang peran perempuan
Mampu menuliskan ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence dari dialog antara Mr James dan para siswanya
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Instruksi, surat pembaca, format surat balasan
Imagine that you have read the following letter in a local newspaper. Write your own letter to the newspaper. Say if you agree or disagree with what the first person has written. Write in a formal style, using the ideas given.
Instruksi, teks dialog antara Mr James dan para siswanya


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang surat pembaca
Siswa berdiskusi tentang persetujuan / ketidaksetujuan mereka tentang suatu isu perempuan
INTI
Siswa menulis surat pembaca untuk mengomentari dan menyatakakn persetujuan/ ketidaksetujuan terhadap surat pembaca yang pertama tentang peran perempuan
Siswa menuliskan ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence dari dialog antara Mr James dan para siswanya
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa mencari satu surat pembaca dan menanggapinya dengan menyatakan persetujuan / ketidaksetujuan terhadap isi surat tersebut
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 202, 203, 204, 205, 206

Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Teks dialog rumpang yang mengandung ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence
Instruksi dan outline untuk menulis satu surat yang mengomentari surat pembaca dan menyatakan persetujuan/ ketidaksetujuan terhadap isi surat tersebut
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Teks dialog rumpang yang mengandung ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence
Jawaban benar
Jawaban salah / Tidak menjawab
1
0
Instruksi dan outline untuk menulis satu surat yang mengomentari surat pembaca dan menyatakan persetujuan/ ketidaksetujuan terhadap isi surat tersebut

Surat sesuai outline, kaidah kebahasaan sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Surat tidak sesuai outline
8-10
6-7
4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: