BAHASA INGGRIS XII RPP39
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 39
| MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
| KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
| PROGRAM | Umum |
| ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
| TEMA | |
| STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review |
| KOMPETENSI DASAR | Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review |
| ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
| INDIKATOR | Mampu menulis surat pembaca dengan gaya formal dengan menyatakan persetujuan / ketidaksetujuan terhadap surat pembaca yang ditulis orang pertama tentang peran perempuan Mampu menuliskan ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence dari dialog antara Mr James dan para siswanya |
| MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Instruksi, surat pembaca, format surat balasan Imagine that you have read the following letter in a local newspaper. Write your own letter to the newspaper. Say if you agree or disagree with what the first person has written. Write in a formal style, using the ideas given. Instruksi, teks dialog antara Mr James dan para siswanya |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
| PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang surat pembaca Siswa berdiskusi tentang persetujuan / ketidaksetujuan mereka tentang suatu isu perempuan |
| INTI | Siswa menulis surat pembaca untuk mengomentari dan menyatakakn persetujuan/ ketidaksetujuan terhadap surat pembaca yang pertama tentang peran perempuan Siswa menuliskan ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence dari dialog antara Mr James dan para siswanya |
| PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa mencari satu surat pembaca dan menanggapinya dengan menyatakan persetujuan / ketidaksetujuan terhadap isi surat tersebut Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 202, 203, 204, 205, 206 |
| Material: VCD, kaset, poster | | ||
| √ | Media cetak dan elektronik | | |
| √ | Website internet | | |
| Narasumber | | ||
| Model peraga | | ||
| Lingkungan | | ||
| Metode | √ | Presentasi | |
| √ | Diskusi kelompok | | |
| √ | Inquari | |
PENILAIAN
| TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
| √ | Tes Tertulis | |
| √ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
| √ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | ||
| | Penilaian Diri | |
| INSTRUMEN SOAL | ||
| Teks dialog rumpang yang mengandung ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence Instruksi dan outline untuk menulis satu surat yang mengomentari surat pembaca dan menyatakan persetujuan/ ketidaksetujuan terhadap isi surat tersebut | ||
| RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
| Instrumen soal | Uraian | Skor |
| Teks dialog rumpang yang mengandung ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence | Jawaban benar Jawaban salah / Tidak menjawab | 1 0 |
| Instruksi dan outline untuk menulis satu surat yang mengomentari surat pembaca dan menyatakan persetujuan/ ketidaksetujuan terhadap isi surat tersebut | Surat sesuai outline, kaidah kebahasaan sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Surat tidak sesuai outline | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:

No comments:
Post a Comment