17 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 25



BAHASA INGGRIS XII RPP25
UNIT 7                  TRADE AND INDUSTRY                                                                                   (halaman 132  s.d 147)
 
 


RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 25

MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna  dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk  narrative dan review
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam percakapan transaksional  dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian
Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
INDIKATOR
Mampu melengkapi teks rumpang dengan mendengarkan teks lisan dan menjawab pertanyaan terkait tentang global industries
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks monolog pendek yaitu presentasi Gunjan: women are better managers
Mampu mengidentifikasi ungkapan yang menyatakan reasons dan purpose dari teks lisan dialog antara Tony dan Desi
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks rumpang, teks lisan, daftar pertanyaan terkait global industries
Teks tulis dan lisan presentasi Gunjan: women are better managers dan daftar pertanyaan terkait
Teks tulis dan lisan dialog antara Tony dan Desi

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang sejarah dan revolusi industri
Siswa berdiskusi tentang pekerja perempuan
INTI
Siswa mendengarkan teks lisan dan melengkapi teks rumpang tentang global industries dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa mendengarkan presentasi Gunjan tentang women are better managers dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa mendengarkan teks lisan dialog antara Tony dan Desi dan mengidentifikasi ungkapan yang menyatakan reasons dan purpose
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa memberikan komentar dan pendapat terkait presentasi Gunjan tentang women are better managers
Menyimpulkan materi pelajaran

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 133, 134, 135, 142, 143, 144
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis

Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan
Isian singkat terkait teks lisan suatu dialog
Pertanyaan tentang ungkapan yang menyatakan reasons dan purpose dalam teks lisan
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna dalam percakapan transaksional  dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian, Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Isian singkat terkait teks lisan suatu dialog
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Pertanyaan tentang ungkapan yang menyatakan reasons dan purpose dalam teks lisan
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: