Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

22 June 2007

ADMINISTRASI PBM



RENCANA PEMBELAJARAN 1





Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi

Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia
1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi
1.4 Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain
1.5 Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi

Materi Pembelajaran :
· Kebutuhan manusia
· Pengertian kebutuhan
· Macam-macam kebutuhan

Berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
· pengertian kelangkaan
· faktor penyebab kelangkaan
· pengalokasian sumber daya ekonomi.

Masalah pokok ekonomi
· barang apa yang diproduksi.
· bagaimana cara memproduksi.
· untuk siapa barang diproduksi.

Biaya peluang.
· pengertian biaya peluang.
· contoh biaya peluang pada kesempatan kerja

Sistem ekonomi
· pengertian sistem eknomi
· macam-macam sistem ekonomi
· kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi.
· cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut.
Kegiatan Pembelajaran:
· Mencari informasi tentang pengertian kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.
· Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah setempat.
· Mendiskusikan kebutuhan manusia di daerah setempat yang paling dominan.
· Mengklasifikasikan jenis kebutuhan berdasarkan tingkatan kebutuhan

· Menggali informasi tentang kelangkaan.
· Mendiskusikan faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya.
· Mengidentifikasi berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas melalui studi pustaka di daerah setempat dan sekitarnya.
· Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan kebutuhan.
· Mengidentifikasi barang-barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi melalui studi
lapangan di suatu daerah

· Mengkaji referensi tentang permasalah ekonomi untuk menemukan konsep biaya peluang.
· Mendiskusikan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
· Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi
· Mengidentifikasi sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui studi lapangan
Indikator
§ Mendeskripsikan pengengertian kebutuhan.
§ Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia.
§ Mendeskripsikan pengertian kelangkaan
§ Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan
§ Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
§ Mengidentifikasi barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi.
· Mendeskripsikan pengertian biaya peluang.
· Menunjukan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
· Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi
· Mengidentifikasi sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi (produksi,
Penilaian
Jenis tagihan: kuis, pertanyaan lisan, ulangan, tugas individu, tugas kelompok
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas, jawaban singkat.

Alokasi Waktu (menit) 10 x 45 menit

Sumber/ Bahan/ Alat refrensi yang relevan pada sumber bahan











Guru Mata Pelajaran,




AGUS SUHENDI, S.Pd
NIP : 131 961 205






RENCANA PEMBELAJARAN 2





Standar Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen

Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi
2.2 Mendeskripsikan Circulair Flow Diagram
2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen
Materi Pembelajaran :
Perilaku konsumen dan produsen
· manfaat dan nilai suatu barang
· perilaku konsumen
· perilaku produsen

Arus lingkaran kegiatan ekonomi
· diagram interaksi pelaku ekonomi. (circulair flow diagram)
manfaat interaksiArus lingkaran kegiatan ekonomi
· diagram interaksi pelaku ekonomi. (circulair flow diagram)
manfaat interaksi pelaku ekonomi
Kegiatan Pembelajaran :

§ Membahas manfaat dan nilai suatu barang
§ Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen melalui studi pustaka/observasi lapangan
§ Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram).
§ Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi manfaat circular flow diagram bagi pengambil kebijakan ekonomi.
· mengidentifikasi manfaat circular flow diagram bagi pengambil kebijakan ekonomi.
§ Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui studi pustaka
§ Menunjukan contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui diskusi di kelas
Indikator :
§ Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
§ Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen
§ Mendeskripsikan teori perilaku konsumen (tabel dan grafik)
§ Mendeskripsikan teori perilaku produsen (tabel dan grafik)
· Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram)
· Mengidentifikasi manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.
§ Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).
§ Memberi contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).



Penilaian : Jenis tagihan: kuis, pertanyaan lisan, ulangan, responsi, laporan kerja praktik, tugas individu, tugas kelompok
Bentuk tagihan; pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas, menjodohkan, performance, portofolio, jawaban singkat

Alokasi Waktu (menit) : 8 x 45 menit

Sumber/ Bahan/ Alat : refrensi yang relevan pada sumber bahan







Guru Mata Pelajaran,




AGUS SUHENDI, S.Pd
NIP : 131 961 205
RENCANA PEMBELAJARAN 3





Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar

Kompetensi Dasar : 3.1 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
3.2 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi yang mendasarinya
3.3 Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan
3.4 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang
3.5 Mendeskripsikan pasar input
Materi Pembelajaran :
Permintaan dan Penawaran
· pengertian permintaan dan kurva permintaan.
· faktor yang mempengaruhi permintaan.
· pengertian penawaran dan kurva penawaran
· faktor yang mempengaruhi penawaran
Harga Keseimbangan
· fungsi permintaan dan penawaran.
· kurva permintaan dan penawaran.
· pengertian elastisitas dan macam-macamnya.
· menentukan elastisitas permintaan dan penawaran
· pengertian harga keseimbangan dan output
· Hukum Permintaan dan Penawaran

Pasar Barang
· pengertian pasar barang
· bentuk-bentuk pasar barang (pasar output)

Pasar Input
· pasar input (pasar faktor produksi)

Kegiatan Pembelajaran :
· Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran melalui studi pustaka.
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran terhadap barang (misal : telur menjelang hari raya).
· Menggambar kurva permintaan dan penawaran dari satu daftar transaksi ( misal : telur menjelang hari raya)
· Menemukan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya melalui pengkajian referensi.
· Menunjukan penerapan hukum permintaan dan penawaran terhadap barang dalam kehidupan di masyarakat (misal : jeruk pontianak).
· Menemukan fungsi permintaan dan penawaran melalui pencermatan kurva permintaan dan penawaran terhadap barang (misal jeruk pontianak).
· Mengkaji referensi untuk merumuskan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas (misal : barang-barang elektronik dan barang kebutuhan pokok ).
· Memberi contoh proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dari suatu transaksi jual beli.
· Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis.
· Menentukan elastisitas permintaan dan penawaran melalui pengkajian referensi.
· Menentukan harga dan output keseimbangan dengan menggunakan tabel, dan grafik
· Mendeskripsikan pengertian dan bentuk pasar barang melalui kajian referensi
· Merumuskan pasar input melalui kajian referensi
· Mencari berbagai bentuk pasar melalui studi lapangan.

Indikator :
§ Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran.
§ Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
§ Menggambar kurva permintaan dan penawaran.
§ penawaran serta asumsi-asumsinya
§ Memberikan contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran dalam kehidupan di masyarakat.
§ Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output dalam keadaan keseimbangan.
§ Mendeskripsikan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas.
§ Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis
§ Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dan menggambarkan grafiknya.
§ Menghitung harga dan output dalam keadaan keseimbangan
§ Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar output (pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna).
§ Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar input


Penilaian : Jenis tagihan: kuis, pertanyaan lisan, ulangan, responsi, laporan kerja praktik, tugas individu, tugas kelompok
Bentuk tagihan; pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas, menjodohkan, performance, portofolio, jawaban singkat

Alokasi Waktu (menit) : 12 x 45 menit

Sumber/ Bahan/ Alat : refrensi yang relevan pada sumber bahan







Guru Mata Pelajaran,




AGUS SUHENDI, S.Pd
NIP : 131 961 205






RENCANA PEMBELAJARAN 4





Standar Kompetensi : 4. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi

Kompetensi Dasar :
4.1 Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro
4.2 Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
Materi Pembelajaran :
Ekonomi Mikro dan Makro
· pengertian ekonomi mikro dan ekonomi makro
· perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro

Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
· kemiskinan
· pemerataan pendapatan

Kegiatan Pembelajaran :

· Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan ekonomi makro melalui kajian referensi.
· Mendiskusikan Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro di kelas
· Menunjukan contoh dimasyarakat tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro dalam diskusi.
· Menyimpulkan hasil diskusi tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro
· Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui observasi lingkungan siswa. (kemiskinan,pemerataan pendapatan).
· Mencari pemecahan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi dalam diskusi.
· Mengkomunikasikan hasil diskusi.

Indikator :
· Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan ekonomi makro
· Mendeskripsikan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro
· Memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro (misal usaha industri kecil) dan ekonomi makro (misal inflasi, pendapatan nasional dll)
· Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi (kemiskinan,pemerataan pendapatan).
· Mencari pemecahan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.

Penilaian : Jenis tagihan: pertanyaan lisan, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu, tugas kelompok
Bentuk tagihan: uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas
Alokasi Waktu (menit) : 6 x 45 menit

Sumber/ Bahan/ Alat : refrensi yang relevan pada sumber bahan







Guru Mata Pelajaran,




AGUS SUHENDI, S.Pd
NIP : 131 961 205






RENCANA PEMBELAJARAN 5





Standar Kompetensi : 5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Nasional (PN)

Kompetensi Dasar :
5.1 Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN
5.2 Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional
5.3 Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain
5.4 Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi

Materi Pembelajaran :
Pendapatan Nasional
· pengertian pendapatan nasional
§ konsep PDB, PDRB, PNB, PN(NNI), PI, dan DI
§ cara penghitungan pendapatan nasional

Perhitungan pendapatan nasional
· manfaat perhitungan pendapatan nasional
§ menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran




PDB dan pendapatan perkapita
§ membandingkan PDB dan Pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain.

Inflasi
· pengertian inflasi.
· sebab dan cara mengatasi inflasi.
· dampak inflasi

Indeks Harga
· indeks harga konsumen dan produsen
· menghitung inflasi dengan indeks harga

Kegiatan Pembelajaran :

§ Merumuskan pengertian PDB, PDRB, PNB, PN(NNI), PI, pendapatan disposibel (DI), melalui pengkajian referensi
§ Menghitung pendapatan perkapita berdasarkan data BPS
§ Mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional dengan mengkaji sumber referensi di kelas
§ Menunjukan perbedaan metode perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan produksi , pendapatan, dan pengeluaran melalui pengkajian referensi.
§ Mengkaji referensi untuk membandingkan PDB dan Pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain.
· Mengkaji referensi tentang inflasi.
· Mengidentifikasi sebab-sebab timbulnya inflasi dan cara mengatasinya melalui pengkajian referensi.
· Mengumpulkan informasi terhadap pegawai negeri dan
· swasta di lingkungan sekitar siswa untuk mengetahui dampak inflasi yang mereka alami.
· Mencari data tentang perkembangan harga kebutuhan pokok di lingkungan siswa, dan menghitung inflasi dengan indeks harga produsen dan konsumen

Indikator :

§ Mendeskripsikan konsep PDB, PNB, PNN, PI, pendapatan disposibel (disposible income)

§ Menghitung pendapatan per kapita.
§ Mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional
§ Menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran
§ Membedakan metode perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan pendapatan, produksi dan pengeluaran.
§ Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain.
§ Mendeskripsikan pengertian inflasi.
§ Mengidentifikasi sebab-sebab timbulnya inflasi dan cara mengatasinya
§ Mengumpulkan informasi terhadap pegawai negeri dan swasta untuk mengetahui dampak inflasi .
· Mendeskripsikan indeks harga konsumen dan produsen
· Menghitung inflasi dengan indeks harga produsen dan konsumen.

Penilaian :
Jenis tagihan: pertanyaan lisan, ulangan, tugas individu, tugas kelompok
Bentuk tagihan; pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas.

Alokasi Waktu (menit) : 8 x 45 menit

Sumber/ Bahan/ Alat : refrensi yang relevan pada sumber bahan







Guru Mata Pelajaran,




AGUS SUHENDI, S.Pd
NIP : 131 961 205




RENCANA PEMBELAJARAN 6





Standar Kompetensi : 6. Memahami konsumsi dan investasi
Kompetensi Dasar :
6.1 Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan
6.2 Mendeskripsikan kurva permintaan investasi

Materi Pembelajaran :
Penerapan fungsi matematika dalam ekonomi
§ Fungsi Konsumsi
§ Fungsi Tabungan
§ Kurva Permintaan Investasi

Kegiatan Pembelajaran :
§ Mengkaji referensi untuk menentukan harga, out put keseimbangan, laba / rugi dan produksi optimum dengan fungsi matematis dan dan menggunakan tabel dan grafik.
§ Mengkaji referensi tentang kurva permintaan investasi


Indikator :
· Menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya
· Menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya
· Memberi contoh beberapa penggunaan fungsi matematis dan statistik dalam analisis ekonomi




Penilaian :
Jenis tagihan: pertanyaan lisan, ulangan, tugas individu, tugas kelompok
Bentuk tagihan; pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas.

Alokasi Waktu (menit) : 10 x 45 menit

Sumber/ Bahan/ Alat : refrensi yang relevan pada sumber bahan







Guru Mata Pelajaran,




AGUS SUHENDI, S.Pd
NIP : 131 961 205











RENCANA PEMBELAJARAN 7



Standar Kompetensi : 7. Memahami uang dan perbankan
Kompetensi Dasar :
7.1 Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang
7.2 Membedakan peran bank umum dan bank sentral
7.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter
Materi Pembelajaran :
Permintaan dan penawaran uang
§ pengertian permintaan dan penawaran uang
§ faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang

Bank
§ pengertian bank
§ peran bank umum dan bank sentral
§ lembaga keuangan bukan bank
· Penerapan fungsi matematika dalam ekonomi
§ kredit.

Kebijakan pemerintah di bidang moneter
· Kebijakan moneter.




Kegiatan Pembelajaran :
· pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang melalui kajian referensi
· Mendiskusikan jenis, fungsi, serta cara memanfaatkan produk bank dan lembaga keuangan lainnya dalam kehidupan sehari-hari melalui kajian referensi/studi lapangan.
· Mengkaji referensi tentang pengertian kredit, persyaratan yang harus dimiliki calon penerima kredit, kebaikan kredit dan keburukan kredit.
· Merumuskan kebijakan moneter dengan mengkaji sumber bahan

Indikator :
§ Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran uang
§ Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang
· Menguraikan fungsi bank sentral, bank umum, bank syariah dan bank perkreditan rakyat.
· Mengidentifikasi cara-cara memanfaatkan produk bank dalam kehidupan sehari-hari.
· Mendeskripsikan konsep kredit.
· Menguraikan persyaratan yang harus dimiliki calon penerima kredit ( 5 C).
· Menentukan pengaruh jumlah uang beredar terhadap tingkat harga
· Mendeskripsikan kebijakan moneter

Penilaian :
Jenis tagihan: ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu, tugas kelompok
Bentuk tagihan; pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas, portofolio.

Alokasi Waktu (menit) : 8 x 45 menit

Sumber/ Bahan/ Alat : refrensi yang relevan pada sumber bahan





Guru Mata Pelajaran,




AGUS SUHENDI, S.Pd
NIP : 131 961 205




RENCANA
PELAJARAN






Disusun oleh :

AGUS SUHENDI, S.Pd
NIP : 131 961 205






















SEMESTER 2






SEMESTER 1
Sumber bahan : A. Boediono. (1990), Ekonomi mikro, Yogyakarta: BPFEB. Hadjam, Adnan.(1984). Pengantar ekonomi mikro dan soal-soal latihan, Yogyakarta: BPFE.C. Samuelson, Paul A. & Nordhaus, Willam D. (1985). Economics, New York: McGraw-Hill Book Company. D. Sudarman, Ari, (1996). Teori ekonomi mikro, Jilid I, Yogyakarta: BPFE.E. Ace Partadiredja. (1985). Pengantar ekonomika. Yogyakarta: BPFEF. Danoewikarsa D. (1977). Tanya-jawab tentang koperasi. Jakarta: Departemen Koperasi. G. Dornbusch, R. and Fischer, S, (1992). Macroeconomics. (Terjemahan), Jakarta: Erlangga.H. Dumairy, (1996). Matematika terapan untuk bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: BPFE.I. Irawan dan Suparmoko, M.,(1981). Ekonomi pembangunan. Yogyakarta: BPFE.J. Lindert, Peter H and Kindleberger, Charles P, (1986). International economics. (Terjemahan), Jakarta: Erlangga.K. Naisbitt, John (1994). Global Paradox (alih bahasa: Budijanto), Jakarta: Binarupa AksaraL. Nopirin, (1999). Ekonomi internasional. Yogyakarta: BPFE.M. Soediyono, R., (1987). Ekonomi internasional: Pengantar lalu-lintas pembayaran internasional. Yogyakarta: Liberty.N. Sukirno, Sadono, (1985). Ekonomi pembangunan: proses, masalah, dan dasar kebijaksanaan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. O. Bank Indonesia, sebuah pengantar, Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan, Agustus 2004P. Undang-undang Republik Indonesia nomor 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2004

No comments: