14 April 2011

Ekonomi SMA XII RPP11



EKONOMI XII RPP 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 2

Standar Kompetensi : 3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian
                                          nasional.

Kompetensi Dasar     : 3.3 Mendeskripsikan peran badan usaha dalam perekonomian
                                            Indonesia

Indikator                    :
1.      Membedakan badan usaha dan perusahaan.
2.      Mengidentifikasi jenis badan usaha.
3.      Mengidentifikasi berbagai bentuk badan usaha.
4.      Menjelaskan fungsi badan usaha.

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat membedakan badan usaha dan perusahaan.
b)      Siswa dapat mengidentifikasi jenis badan usaha.
c)      Siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk badan usaha.
d)     Siswa dapat menjelaskan fungsi badan usaha.

B. Materi Pokok
            Badan usaha

C. Uraian Materi
a)      Pengertian badan usaha
b)      Jenis badan usaha
c)      Berbagai bentuk badan usaha
d)     Fungsi badan usaha

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengembangkan pengetahuan siswa tentang badan usaha. Kemudian guru memberi penjelasan secara singkat dan jelas tentang badan usaha dan perusahaan serta menguraikan tentang jenis dan bentuk badan usaha.
b. Motivasi
            Siswa memahami peran badan usaha dalam perekonomian nasional.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk membedakan badan usaha dan perusahaan.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengidentifikasi jenis dan bentuk badan usaha.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menjelaskan fungsi badan usaha.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

Ekonomi SMA XII RPP10



RENCANA PELAKSANA EKONOMI XII RPP 10
AN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 2

Standar Kompetensi : 3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian
                                          nasional

Kompetensi Dasar     : 3.2 Menjelaskan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan
                                            usaha

Indikator                    :
1.      Mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen.
2.      Menjelaskan teori-teori manajemen.
3.      Mengidentifikasi bidang-bidang manajemen.


Alokasi Waktu           : 3 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen.
b)      Siswa dapat menjelaskan teori-teori manajemen.
c)      Siswa dapat mengidentifikasi bidang-bidang manajemen.

B. Materi Pokok
            Fungsi manajemen

C. Uraian Materi
a)      Fungsi-fungsi manajemen
b)      Teori-teori manajemen
c)      Bidang-bidang manajemen

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan mengenai berbagai kegiatan di masing-masing bidang manajemen. Kemudian guru memberi pengarahan agar siswa mencatat hal-hal yang berkaitan dengan kompetensi dasar.
b. Motivasi
            Pemahaman mengenai fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha  sangat penting karena siswa dapat memperoleh gambaran tentang apa yang harus dilakukan jika terlibat dalam pengelolaan suatu badan usaha kelak.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).
  b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen.
  c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mencari informasi tentang teori-teori manajemen.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengidentifikasi bidang-bidang manajemen.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, OHP, dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

Ekonomi SMA XII RPP9



EKONOMI XII RPP 9

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 2

Standar Kompetensi : 3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional

Kompetensi Dasar     : 3.1 Menjelaskan unsur-unsur manajemen

Indikator                    :
1.      Menjelaskan pengertian manajemen.
2.      Menjelaskan jenjang manajemen serta mendeskripsikan arah komando dan pertanggungjawaban di antara jenjang manajemen tersebut.

Alokasi Waktu           : 3 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menjelaskan pengertian manajemen.
b)      Siswa dapat menjelaskan jenjang manajemen serta mendeskripsikan arah komando dan pertanggungjawaban di antara jenjang manajemen tersebut.

B. Materi Pokok
            Manajemen

C. Uraian Materi
a)      Pengertian manajemen
b)      Jenjang manajemen
c)      Prinsip-prinsip manajemen

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengembangkan pengetahuan siswa tentang manajemen. Kemudian guru menguraikan dengan jelas gambaran umum mengenai manajemen.
b. Motivasi
            Pemahaman mengenai manajemen sangat penting mengingat peranan manajemen (khususnya pada badan usaha) dalam perekonomian saat ini cukup besar. Selain itu, pemahaman mengenai manajemen akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mencari informasi tentang pengertian manajemen.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan jenjang manajemen.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mencari informasi tentang prinsip-prinsip manajemen.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………..


Ekonomi SMA XII RPP8



EKONOMI XII RPP 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 2. Memahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 2.3 Membuat neraca saldo setelah penutupan buku

Indikator                    :
1.      Menyusun neraca saldo setelah penutupan.
2.      Membuat jurnal pembalik.

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menyusun neraca saldo setelah penutupan.
b)      Siswa dapat membuat jurnal pembalik.

B. Materi Pokok
            Neraca saldo setelah penutupan dan jurnal pembalik

C. Uraian Materi
a)      Neraca saldo setelah penutupan
b)      Jurnal pembalik

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang posting jurnal penutupan ke buku besar. .Kemudian guru memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang neraca saldo setelah penutupan dan jurnal pembalik.
b. Motivasi
            Siswa dapat memahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang.


2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
  b. Kelompok pertama diberi tugas untuk Mendiskusikan penyusunan neraca saldo setelah
penutupan.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendiskusikan penyusunan jurnal pembalik.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...