14 April 2011

Ekonomi SMA XII RPP11



EKONOMI XII RPP 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 2

Standar Kompetensi : 3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian
                                          nasional.

Kompetensi Dasar     : 3.3 Mendeskripsikan peran badan usaha dalam perekonomian
                                            Indonesia

Indikator                    :
1.      Membedakan badan usaha dan perusahaan.
2.      Mengidentifikasi jenis badan usaha.
3.      Mengidentifikasi berbagai bentuk badan usaha.
4.      Menjelaskan fungsi badan usaha.

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat membedakan badan usaha dan perusahaan.
b)      Siswa dapat mengidentifikasi jenis badan usaha.
c)      Siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk badan usaha.
d)     Siswa dapat menjelaskan fungsi badan usaha.

B. Materi Pokok
            Badan usaha

C. Uraian Materi
a)      Pengertian badan usaha
b)      Jenis badan usaha
c)      Berbagai bentuk badan usaha
d)     Fungsi badan usaha

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengembangkan pengetahuan siswa tentang badan usaha. Kemudian guru memberi penjelasan secara singkat dan jelas tentang badan usaha dan perusahaan serta menguraikan tentang jenis dan bentuk badan usaha.
b. Motivasi
            Siswa memahami peran badan usaha dalam perekonomian nasional.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk membedakan badan usaha dan perusahaan.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengidentifikasi jenis dan bentuk badan usaha.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menjelaskan fungsi badan usaha.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: