EKONOMI XI RPP 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XI (sebelas) / 1
Standar Kompetensi : 3. Mengenal pasar modal
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengenal jenis produk dalam bursa efek
Indikator : 1. Menjelaskan pengertian dan fungsi pasar modal.
2. Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan
pasar modal.
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menjelaskan pengertian dan fungsi pasar modal.
b) Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan pasar modal.
B. Materi Pokok
Pasar modal
C. Uraian Materi
a) Pengertian dan fungsi pasar modal
b) Faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan pasar modal
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengembangkan pengetahuan siswa tentang pasar modal. Kemudian guru menguraikan dengan jelas gambaran umum mengenai pasar modal.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai pasar modal sangat penting mengingat peranan pasar modal dalam perekonomian saat ini cukup besar. Selain itu, pemahaman mengenai pasar modal akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menguraikan pengertian dan fungsi pasar modal.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menguraikan faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan pasar modal.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.
G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol
Mengetahui ………, ………200….
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK …………..
No comments:
Post a Comment