14 April 2011

Kimia SMA X RPP 10


KIMIA X RPP 10

                                    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMA
Kelas                                       : X (sepuluh)  
Mata Pelajaran          : KIMIA


Standar Kompetensi
4.    Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar fungsi gugus dan senyawa makromolekul.

Kompetensi Dasar
4.4  Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan  sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika.

Indikator
1.        Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan.
2.        Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan.
3.        Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika.

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.        Menjelaskan sumber dan kegunaan alkana dalam bidang pangan, sandang, papan,  seni, dan estetika.
2.        Menjelaskan sumber dan kegunaan alkena dalam bidang pangan, sandang, papan, seni, dan estetika.
3.        Menjelaskan sumber dan kegunaan alkuna dalam bidang pangan, sandang, papan,  seni, dan estetika.
4.        Menjelaskan pengertian industri petrokimia.
5.        Menjelaskan kegunaan fraksi gas dan nafta dalam industri kimia.
6.        Menjelaskan kegunaan gas alam dalam kehidupan sehari-hari.

B. Materi Pembelajaran
Sumber dan Kegunaan Senyawa Hidrokarbon

C. Metode Pembelajaran
1.    Model   :  -  Direct Instruction (DI)
                               -  Cooperative Learning
2.    Metode :  -  Diskusi kelompok
                                -  Ceramah
                                  -  Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Apakah manfaat etena dalam kehidupan sehari-hari?
-      Apakah kelebihan gas alam jika dibandingkan dengan minyak bumi?
l  Prasyarat pengetahuan:
  Apakah yang dimaksud dengan etena?
  Sebutkan komponen utama gas alam dan komposisinya.

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan,seni, dan estetika.
l  Guru membagi tugas kelompok:
        2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sumber dan kegunaan alkana dalam bidang pangan, sandang, papan, seni, dan estetika.
        2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sumber dan kegunaan alkena dalam bidang pangan, sandang, papan, seni, dan estetika.
        2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sumber dan kegunaan alkuna dalam bidang pangan, sandang, papan, seni, dan estetika.
        2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan kegunaan fraksi gas dan nafta dalam industri kimia.
        2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan gas alam dalam kehidupan sehari-hari.
l  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
l  Setiap kelompok diminta untuk menuliskannya dalam bentuk karya tulis.
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
a. Buku Kimia SMA dan MA Jl.1 (Esis) halaman 293, 300-301, 305-306, dan 322-324
b. Buku referensi yang relevan
 c. Lingkungan

F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
      Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen:
      Tes PG
      Tes isian
      Tes uraian
c. Contoh Instrumen:
      Contoh tes PG
Senyawa kimia yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan asam etanoat (asam cuka) adalah ....
  a. etuna                              d. etena                                   
  b. oktana                            e. propena
  c. etana

      Contoh tes isian
Polipropena suatu polimer yang digunakan untuk membuat ....
      Contoh tes uraian
 a. Apakah yang dimaksud dengan petrokimia?
 b. Sebutkan fraksi minyak bumi yang penting dalam industri petrokimia.
 c. Sebutkan beberapa kegunaan dari fraksi tersebut.
     

                                                                                                      ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                                                    Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                                            ..............................
NIP.                                                                                                                 NIP.

No comments: