Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

14 April 2011

Ekonomi SMA XI RPP5,



EKONOMI XI RPP 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XI (sebelas) / 1

Standar Kompetensi : 2. Memahami APBN dan APBD

Kompetensi Dasar     : 2.1 Menjelaskan pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD
     
Indikator                    : Menjelaskan pengaruh dan pentingnya anggaran bagi pemerintah     
                                      pusat dan daerah

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan pengaruh dan pentingnya anggaran bagi pemerintah
pusat dan daerah

B. Materi Pokok
            APBN dan APBD

C. Uraian Materi
      Pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi penjelasan tentang pentingnya anggaran bagi pemerintah pusat dan daerah.
b. Motivasi
            Pembuatan anggaran ditujukan agar pemerintah dapat mengetahui dan meningkatkan sumber pendapatan. Selanjutnya, pemerintah diharapkan dapat memanfaatkan dan mengalokasikan pendapatan tersebut untuk keperluan pembangunan dengan sebaik-baiknya.



2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian, fungsi, dan tujuan APBN.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian, fungsi, dan tujuan APBD.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang pengaruh dan       pentingnya anggaran bagi pemerintah pusat.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang pengaruh dan pentingnya anggaran bagi pemerintah daerah.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol





Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: