Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

14 April 2011

Ekonomi SMA XI RPP14


EKONOMI XI RPP 14

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XI (sebelas) / 2

Standar Kompetensi : 5. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa 

Kompetensi Dasar     : 5.1 Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi


 
Indikator                    : 1. Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi.
  2. Menjelaskan syarat-syarat kualitas sistem informasi.
                                        3. Membedakan antara pemakai informasi akuntansi internal dan
      eksternal
                                       4. Menjelaskan bidang-bidang dalam akuntansi.
                                      5. Menjelaskan bidang-bidang profesi dalam akuntansi.
                                       6. Menghubungkan prinsip etika profesi akuntan dengan
   kenyataan pelanggaran etika yang terjadi
 7. Menjelaskan kegunaan SAK bagi akuntan.

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi.
b)      Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat kualitas sistem informasi.
c)      Siswa dapat membedakan antara pemakai informasi akuntansi internal dan eksternal.
d)      Siswa dapat menjelaskan bidang-bidang dalam akuntansi.
e)      Siswa dapat menjelaskan bidang-bidang profesi dalam akuntansi.
f)       Siswa dapat menghubungkan prinsip etika profesi akuntan dengan kenyataan pelanggaran etika yang terjadi.
g)      Siswa dapat menjelaskan kegunaan SAK bagi akuntan.

B. Materi Pokok
            Akuntansi sebagai sistem informasi

C. Uraian Materi
a)      Akuntansi sebagai sistem informasi
b)      Kualitas informasi akuntansi
c)      Pemakai informasi akuntansi
d)     Bidang akuntansi
e)      Bidang profesi akuntansi
f)       Etika profesi akuntan
g)      Standar Akuntansi Keuangan

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
Studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberikan penjelasan singkat tentang kompetensi dasar yang harus dicapai dan esensi dari materi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
            Pemahaman mengenai akuntansi sebagai sistem informasi sangat penting agar siswa terdorong untuk mempelajari ilmu akuntansi lebih lanjut.


2. Kegiatan Inti
Siswa diberi tugas untuk membuat ringkasan tentang akuntansi sebagai sistem informasi.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja individu (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: