Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

14 April 2011

Kimia SMA X RPP 1



KIMIA X RPP 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMA
Kelas                           : X (sepuluh)
Mata Pelajaran          : KIMIA

Standar Kompetensi
1.        Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia.

Kompetensi Dasar
1.1  Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.

Indikator
1.        Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelebihan dan kelemahan masing-masing teori atom.
2.        Membedakan nomor atom dan nomor massa.
3.        Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar, dan isoton.
4.        Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi.
5.        Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.
6.        Menganalisis sifat periodik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, keelektronegatifan, titik leleh, dan titik didih.
7.        Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel periodik.

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.        Menjelaskan perkembangan teori atom.
2.        Membedakan nomor atom dan nomor massa.
3.        Menghitung jumlah proton, elektron, dan neutron suatu atom berdasarkan nomor atom dan nomor massanya.
4.        Menjelaskan pengertian isotop, isobar, dan isoton.
5.        Menyebutkan contoh isotop, isobar, dan isoton.
6.        Menjelaskan pengertian konfigurasi elektron.
7.        Menuliskan notasi singkat konfigurasi elektron.
8.        Menjelaskan secara singkat sejarah perkembangan sistem periodik.
9.        Menjelaskan pengelompokan unsur berdasarkan sistem periodik modern.
10.    Menjelaskan kecenderungan sifat periodik dari unsur.
11.    Menjelaskan pengertian massa atom relatif unsur.
12.    Menghitung massa atom relatif unsur.

B. Materi Pembelajaran
Struktur Atom dan Sistem Periodik.

C. Metode Pembelajaran
1.        Model  :   - Direct Instruction (DI)
                                 -  Cooperative Learning
2.    Metode :   -  Diskusi kelompok
                                 -  Observasi
                                  -  Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
     Bagaimana perkembangan teori atom?
     Apakah yang menjadi karakteristik setiap atom unsur?
l  Prasyarat pengetahuan:
     Apakah yang dimaksud dengan atom?
     Apakah yang dimaksud dengan nomor atom dan nomor massa?
        
b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian atom.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan mengenai sejarah perkembangan teori atom yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik secara berkelompok membuat kesimpulan mengenai sejarah perkembangan teori atom.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian nomor atom.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan nomor atom dari beberapa unsur.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian nomor massa.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan nomor massa suatu unsur.
l  Guru memberikan contoh soal menentukan nomor atom dan nomor massa suatu unsur.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menjawab soal menentukan nomor atom dan nomor massa suatu unsur di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan nomor atom dan nomor massa suatu unsur untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA
   
a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Mengapa isotop-isotop dari unsur yang sama mempunyai sifat kimia yang sama?
-      Bagaimana aturan menuliskan notasi singkat konfigurasi elektron?
l  Prasyarat pengetahuan:
      Apa yang dimaksud dengan isotop?
      Apa yang dimaksud dengan konfigurasi elektron?
    
 b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian isotop.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai contoh isotop-isotop umum dari beberapa unsur.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengertian isobar dan isoton.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan contoh isobar dan isoton.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan nomor atom dan nomor massa suatu unsur untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian konfigurasi elektron.
l  Peserta didik memperhatikan penulisan notasi singkat konfigurasi elektron yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian elektron valensi.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai hubungan kesamaan elektron valensi dengan kemiripan sifat kimia.
l  Guru memberikan contoh soal menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi suatu unsur.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi suatu unsur untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KETIGA
   
a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Bagaimana cara mengelompokan unsur-unsur kimia?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Bagaimana sejarah perkembangan sistem periodik?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan sistem periodik.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai sejarah perkembangan sistem periodik.
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan sistem periodik modern.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai pengelompokan unsur berdasarkan sistem periodik modern.
l  Guru memberikan contoh soal menentukan letak suatu unsur dalam sistem periodik modern.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menjawab soal menentukan letak unsur dalam sistem periodik modern di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan letak unsur dalam sistem periodik modern untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEEMPAT

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-       Sebutkan faktor yang mempengaruhi besarnya energi ionisasi atom.
-       Bagaimana cara menghitung massa atom relatif unsur?
l  Prasyarat pengetahuan:
-       Apakah yang dimaksud dengan energi ionisasi?
-       Apakah yang dimaksud dengan massa atom relatif?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian sifat periodik.
l  Guru membagi tugas kelompok:
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik jari-jari atom dalam sistem periodik.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik energi ionisasi dalam sistem periodik.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik afinitas elektron dalam sistem periodik.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik keelektronegatifan dalam sistem periodik.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik titik leleh dan titik didih dalam sistem periodik.
l  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
l  Setiap kelompok diminta untuk menuliskannya dalam bentuk karya tulis.
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian massa atom relatif.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan massa atom relatif suatu unsur.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan massa atom relatif suatu unsur yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan massa atom relatif suatu unsur untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
a. Buku Kimia SMA dan MA Jl.1 (Esis) halaman 41-110
b. Tabel periodik
c. Kartu unsur
d. Buku referensi yang relevan
             
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
-      Tes unjuk kerja
-      Tes tertulis
-      Penugasan  
b. Bentuk Instrumen:
-      Uji petik kerja produk
-      Tes identifikasi
-      Tes PG
-      Tes isian
-      Tes uraian
-      Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
        Contoh uji petik kerja produk
                              Buat sketsa struktur atom mulai dari teori atom Dalton sampai model atom Bohr. Beri
                   penjelasan singkat.
        Contoh tes identifikasi
 Dari 3 pasangan atom berikut ini, tentukan mana yang termasuk isotop, isobar dan isoton.
       










Contoh tes PG
                   Dari unsur-unsur di bawah ini, yang mempunyai jari-jari atom paling besar adalah ....
a. 1H               b. 3Li       c. 11Na        d. 19K        e. 37Rb
        Contoh tes isian
                 Atom kalium dengan nomor atom 19, mempunyai konfigurasi elektron ....
        Contoh tes uraian
                   Unsur Li mempunyai massa atom rata-rata 1,15272 ×  10-23 gram. Hitung massa atom
                   relatif unsur Li.
        Contoh tugas rumah
                   Buatlah artikel tentang sejarah perkembangan tabel periodik untuk mengidentifikasi
                     kelebihan dan kekurangannya.                    

                                                       ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                                             ..............................
NIP.                                                                                                                   NIP.

No comments: