14 April 2011

Ekonomi SMA XI RPP11



EKONOMI XI RPP 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XI (sebelas) / 1

Standar Kompetensi : 4. Memahami perekonomian terbuka

Kompetensi Dasar     : 4.1 Mengidentifikasi manfaat, keuntungan dan faktor-faktor    pendorong perdagangan internasional

Indikator                    : 1. Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional.
2. Menjelaskan manfaat perdagangan internasional.
3. Menjelaskan teori-teori perdagangan internasional.
4. Menganalisis dampak perdagangan internasional terhadap produktivitas dan konsumsi.
5. Menjelaskan konsep devisa.

Alokasi Waktu           : 8 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional.
b)      Siswa dapat menjelaskan manfaat perdagangan internasional.
c)      Siswa dapat menjelaskan teori-teori perdagangan internasional.
d)     Siswa dapat menganalisis dampak perdagangan internasional terhadap produktivitas dan konsumsi.
e)      Siswa dapat menjelaskan konsep devisa.

B. Materi Pokok
            Perdagangan internasional

C. Uraian Materi
a)      Faktor-faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional
b)      Manfaat perdagangan internasional
c)      Teori-teori perdagangan internasional
d)     Dampak perdagangan internasional terhadap produktivitas dan konsumsi
e)      Devisa

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengembangkan pengetahuan siswa tentang perdagangan internasional. Kemudian guru memberi penjelasan secara singkat dan jelas tentang perdagangan internasional dan konsep devisa serta menguraikan tentang teori-teori perdagangan internasional.
b. Motivasi
            Pemahaman mengenai perdagangan internasional akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi lima kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menjelaskan manfaat perdagangan internasional.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menjelaskan teori-teori perdagangan internasional.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk menganalisis dampak perdagangan internasional terhadap produktivitas dan konsumsi.
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk menjelaskan konsep devisa.
g. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
h. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, OHP dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …


…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: