14 April 2011

Ekonomi SMA XI RPP4


EKONOMI XI RPP 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XI (sebelas) / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi

Kompetensi Dasar     : 1.4 Mendeskripsikan pengangguran beserta dampaknya terhadap   
                                            pembangunan nasional

  Indikator                    : Menjelaskan dampak pengangguran terhadap pembangunan
                                      nasional

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan dampak pengangguran terhadap pembangunan
            nasional

B. Materi Pokok
            Dampak pengangguran
           
C. Uraian Materi
              Dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang kondisi ketenagakerjaan Indonesia yang senantiasa diliputi oleh masalah pengangguran. Di samping itu, guru mengingatkan kembali pembahasan materi yang lalu tentang pembangunan nasional. Kemudian guru mengaitkan kedua materi tersebut, yakni dengan memberi gambaran umum tentang dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional serta memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi yang baru dan kompetensi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
            Pemahaman mengenai dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional diharapkan dapat mendorong siswa untuk terus giat belajar demi meningkatkan mutu tenaga kerja Indonesia dan pada akhirnya dapat mencapai keberhasilan dalam pembangunan nasional.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Setiap kelompok diberi tugas untuk mengidentifikasi permasalahan yang dapat ditimbulkan oleh pengangguran dalam pembangunan nasional.
c. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
d. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.
d. Siswa diberi tugas untuk mencari artikel koran dan majalah yang berkaitan dengan dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol





Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: