EKONOMI XII RPP 14
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan
Kompetensi Dasar : 4.3 Mendeskripsikan peran dan jiwa kewirausahaan
Indikator :
1. Menjelaskan pengertian wirausaha dan peranannya terhadap perekonomian nasional.
2. Mengidentifikasi sektor-sektor yang dapat dimasuki oleh seorang wirausahawan.
3. Meneliti penyebab keberhasilan dan kegagalan wirausahawan di lingkungan sekitar.
4. Memanfaatkan sumber daya ekonomi di lingkungan sekitar.
5. Menerapkan sikap dan jiwa wirausaha dalam diri.
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menjelaskan pengertian wirausaha dan peranannya terhadap perekonomian nasional.
b) Siswa dapat mengidentifikasi sektor-sektor yang dapat dimasuki oleh seorang wirausahawan.
c) Siswa dapat meneliti penyebab keberhasilan dan kegagalan wirausahawan di lingkungan sekitar.
d) Siswa dapat memanfaatkan sumber daya ekonomi di lingkungan sekitar.
e) Siswa dapat menerapkan sikap dan jiwa wirausaha dalam diri.
B. Materi Pokok
Kewirausahaan
C. Uraian Materi
a) Wirausaha dan wirausahawan
b) Bidang usaha kegiatan wirausaha
c) Penelitian kegiatan wirausaha
d) Perencanaan bisnis wirausaha
e) Ciri-ciri wirausahawan sukses
f) Syarat menjadi wirausahawan
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengembangkan pengetahuan siswa mengenai kewirausahaan. Kemudian guru mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan mengenai kegiatan wirausaha serta faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan dan kegagalan dalam berwirausaha.
b. Motivasi
Menanamkan jiwa wirausaha dalam diri siswa.
2. Kegiatan Inti
Siswa diberi tugas untuk membuat ringkasan tentang pengertian wirausaha dan peranannya terhadap perekonomian nasional, sektor-sektor yang dapat dimasuki oleh seorang wirausahawan, dan penyebab keberhasilan dan kegagalan wirausahawan di lingkungan sekitar.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
- Hasil kerja individu (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psikomotorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis
G. Sumber dan Alat
Buku teks, OHP, dan spidol
Mengetahui ………, ………200….
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK …………...
No comments:
Post a Comment