Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

14 April 2011

Ekonomi SMA XI RPP17


EKONOMI XI RPP 17

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XI (sebelas) / 2

Standar Kompetensi : 5. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa 

Kompetensi Dasar     : 5.4 Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal umum

Indikator        : 1. Menjelaskan fungsi jurnal
  2. Membuat jurnal dari berbagai jenis transaksi

Alokasi Waktu           : 8 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menjelaskan fungsi jurnal.
b)      Siswa dapat membuat jurnal dari berbagai jenis transaksi

B. Materi Pokok
            Jurnal

C. Uraian Materi
a)      Pengertian dan fungsi jurnal
b)      Bentuk jurnal
c)      Langkah-langkah dalam membuat jurnal

D. Pendekatan
            Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengarahkan pemikiran siswa pada kompetensi dasar.
b. Motivasi
            Pemahaman mengenai jurnal sangat penting karena banyak digunakan dalam aplikasi ilmu akuntansi.

2. Kegiatan Inti
            Siswa diminta untuk membuat jurnal dari berbagai transaksi.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol



Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: