14 April 2011

Kimia SMA X RPP 3



KIMIA X RPP 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMA
Kelas                           : X (sepuluh)
Mata Pelajaran          : KIMIA


Standar Kompetensi
2.    Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan                          kimia (stoikiometri).

Kompetensi Dasar:
2.1  Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta                              persamaan reaksinya.

Indikator
1.        Menuliskan nama senyawa biner.
2.        Menuliskan nama senyawa poliatomik.
3.        Menuliskan nama senyawa organik sederhana.
4.        Menyetarakan reaksi sederhana dengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya.

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.        Menjelaskan pengertian rumus kimia.
2.        Membedakan atom, molekul, dan ion.
3.        Membedakan rumus molekul dan rumus empiris.
4.        Menuliskan beberapa contoh penulisan rumus molekul dan rumus empiris.
5.        Menjelasakan penulisan tata nama senyawa.
6.        Menjelaskan penulisan tata nama senyawa biner dari logam dan non-logam.
7.        Menjelaskan penulisan tata nama senyawa biner dari non-logam dan non-logam.
8.        Menjelaskan penulisan tata nama senyawa yang mengandung ion poliatom.
9.        Menjelaskan penulisan tata nama senyawa asam.
10.    Menjelaskan penulisan tata nama senyawa organik.
11.    Menjelaskan pengertian reaksi kimia.
12.    Menjelaskan pengertian persamaan reaksi.
13.    Menjelaskan cara penulisan persamaan reaksi.

B. Materi Pembelajaran
        Rumus Kimia, Tata Nama Senyawa, dan Persamaan Reaksi

C. Metode Pembelajaran
1.        Model   :   -  Direct Instruction (DI)
                                  -  Cooperative Learning
2.     Metode :   -  Diskusi kelompok
                                    -  Observasi
  -  Ceramah


D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-   Apakah perbedaan antara rumus molekul dan rumus empiris?
-   Tulis rumus kimia dari senyawa asam nitrat?
l  Prasyarat pengetahuan:
-   Apa yang dimaksud dengan rumus kimia?
-   Bagaiamana cara penulisan tata nama untuk senyawa asam?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian rumus kimia.
l  Peserta didik memperhatikan perbedaan atom, molekul, dan ion yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan rumus molekul dan rumus empiris.
l  Peserta didik diminta untuk menuliskan beberapa contoh rumus molekul dan rumus empiris.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan penulisan tata nama senyawa (senyawa anorganik dan senyawa organik).
l  Guru membagi tugas kelompok:
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penulisan tata nama  senyawa biner dari logam dan non-logam.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penulisan tata nama senyawa biner dari non-logam dan non-logam.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penulisan tata nama senyawa yang mengandung ion poliatom.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penulisan tata nama senyawa asam.
-       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penulisan tata nama senyawa organik.
l  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
l  Setiap kelompok diminta untuk menuliskannya dalam bentuk karya tulis.
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-   Bagaimana cara menuliskan persamaan reaksi?
l  Prasyarat pengetahuan:
-   Apakah yang dimaksud dengan persamaan reaksi?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik memperhatikan pengulangan materi mengenai penulisan tata nama senyawa yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian persamaan reaksi.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara menuliskan persamaan reaksi.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menyetarakan persamaan reaksi yang disampaikan oleh guru.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menjawab soal menyetarakan persamaan reaksi di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
l  Guru memberikan beberapa soal menyetarakan persamaan reaksi untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
a. Buku Kimia SMA dan MA Jl.1 (Esis) halaman 147-174
b. Buku referensi yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
      Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen:
      Tes PG
      Tes isian
      Tes uraian                     
c. Contoh Instrumen:
      Contoh tes PG
Besi(II) oksida mempunyai rumus kimia ....
 a. Fe3O4                                                        d. Fe3O
 b. FeO                                             e. FeO2
 c. Fe2O3
      Contoh tes isian
Nama dari senyawa KMnO4 adalah ....
      Contoh tes identifikasi
Setarakan persamaan reaksi sederhana berikut:
a. N2(g) + H2(g)   ®   NH3(g)
b. C2H2(g) + O2(g)   ®  CO2(g) + H2O(l)
c. N2O5(g) + H2O(l) ®  HNO3(aq)


                                                   ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                                                   Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                                            ..............................
NIP.                                                                                                                  NIP.

No comments: