Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

14 April 2011

Ekonomi SMA XII RPP3

EKONOMI XII RPP 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 1.3 Menghitung harga pokok penjualan

Indikator                    :
1.      Menghitung pembelian bersih.
2.      Menghitung jumlah barang yang tersedia untuk dijual.
3.      Menghitung harga pokok penjualan.
                                                                       
Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menghitung pembelian bersih.
b)      Siswa dapat menghitung jumlah barang yang tersedia untuk dijual.
c)      Siswa dapat menghitung harga pokok penjualan.

B. Materi Pokok
            Harga pokok penjualan

C. Uraian Materi
a)      Penghitungan pembelian bersih
b)      Penghitungan jumlah barang yang tersedia untuk dijual
c)      Penghitungan harga pokok penjualan

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengilustrasikan dengan jelas tentang harga pokok penjualan serta memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi dan kompetensi dasar yang harus dikuasai.

b. Motivasi
            Penghitungan harga pokok penjualan sangat penting dalam pembelajaran ilmu akuntansi.
           
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 6-7 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk melakukan penghitungan pembelian bersih.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk melakukan penghitungan jumlah barang yang tersedia untuk dijual.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk melakukan penghitungan harga pokok penjualan.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: