Google Web Search Gadget

Facebook Share

14 April 2011

Ekonomi SMA XI RPP8


EKONOMI XI RPP 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XI (sebelas) / 1

Standar Kompetensi : 2. Memahami APBN dan APBD

Kompetensi Dasar     : 2.4 Mengidentifikasi  jenis-jenis pengeluaran pemerintah pusat
                                            dan pemerintah daerah.

Indikator                    : Mengidentifikasi pengeluaran negara dalam APBN/APBD

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi pengeluaran negara dalam APBN/APBD

B. Materi Pokok
            Pengeluaran negara

C. Uraian Materi
            Pengeluaran negara dalam APBN/APBD

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang kebijakan fiskal yang pada dasarnya adalah kebijakan pengelolaan penerimaan dan pengeluaran negara. Kemudian guru memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang hal-hal penting yang berkaitan dengan pengeluaran negara.
b. Motivasi
            Siswa dapat memahami pos-pos pengeluaran negara.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengidentifikasi pengeluaran negara dalam APBN.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengidentifikasi pengeluaran negara dalam APBD.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.


G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol
Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...


No comments: