EKONOMI XI RPP 12
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XI (sebelas) / 1
Standar Kompetensi : 4. Memahami perekonomian terbuka
Kompetensi Dasar : 4.2 Mengidentifikasi kurs tukar valuta asing dan neraca pembayaran
Indikator : Mendeskripsikan pembayaran internasional
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mendeskripsikan pembayaran internasional
B. Materi Pokok
Pembayaran internasional
C. Uraian Materi
a) Kurs
b) Pembayaran internasional
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang perdagangan internasional. Kemudian guru mengaitkan materi tersebut dengan materu yang baru, yakni tentang kurs dan pembayaran internasional.
b. Motivasi
Siswa dapat memahami tentang kurs dan pembayaran internasional.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan mencari informasi tentang pengertian kurs dan perubahannya.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menghitung nilai tukar valuta berdasarkan kurs yang berlaku.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mencari informasi tentang perkembangan nilai rupiah terhadap valuta asing.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan pembayaran internasional.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.
G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol
Mengetahui ………, ………200….
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK …………...
No comments:
Post a Comment