Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

14 April 2011

Ekonomi SMA XI RPP6



EKONOMI XI RPP 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XI (sebelas) / 1

Standar Kompetensi : 2. Memahami APBN dan APBD

Kompetensi Dasar     : 2.2 Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah
                                            pusat dan pemerintah daerah

Indikator                    : Mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan hibah 
                                      dalam APBN/APBD

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit


A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan hibah dalam APBN/APBD.

B. Materi Pokok
            Pendapatan negara

C. Uraian Materi
              Pendapatan negara dan hibah dalam APBN/APBD

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang fungsi APBN dan APBD. Pada APBN dan APBD dicatat sumber-sumber pendapatan negara. Kemudian guru memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang sumber-sumber pendapatan negara yang menjadi fokus dalam pembelajaran kali ini.
b. Motivasi
            Siswa dapat memahami apa saja yang menjadi sumber pendapatan negara.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan hibah dalam APBN.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan hibah dalam APBD.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: