14 April 2011

Ekonomi SMA XII RPP4



EKONOMI XII RPP 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 1.4 Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang

Indikator                    :
1.      Membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan ikhtisar laba-rugi.
2.      Membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan harga pokok penjualan.
3.      Membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang untuk sistem perpetual.
4.      Menyusun kertas kerja perusahaan dagang.


Alokasi Waktu           : 20 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan ikhtisar laba-rugi.
b)      Siswa dapat membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan harga pokok penjualan.
c)      Siswa dapat membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang untuk sistem perpetual.
d)     Siswa dapat menyusun kertas kerja perusahaan dagang.

B. Materi Pokok
            Ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang
           
C. Uraian Materi
a)      Neraca saldo
b)      Jurnal penyesuaian perusahaan dagang
c)      Kertas kerja

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok
F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi dan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
b. Motivasi
            Pemahaman mengenai materi kali ini mengindiksikan penguasaan standar kompetensi.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 6-7 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menyusun jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan ikhtisar laba-rugi dan pendekatan harga pokok penjualan.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menyusun jurnal penyesuaian persediaan barang dagang untuk sistem perpetual.
  d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menyusun kertas kerja perusahaan dagang.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: