14 April 2011

Ekonomi SMA XII RPP2



EKONOMI XII RPP 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 1.2 Melakukan posting dari jurnal khusus ke buku besar

Indikator                    :
1.      Memosting bukti transaksi ke dalam buku besar pembantu.
2.      Memosting jurnal umum dan khusus ke dalam buku besar utama.

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat memosting bukti transaksi ke dalam buku besar pembantu.
b)      Siswa dapat memosting jurnal umum dan khusus ke dalam buku besar utama.

B. Materi Pokok
            Posting dari jurnal ke buku besar

C. Uraian Materi
a)      Pencatatan transaksi pada buku besar pembantu dan utama
b)      Posting jurnal khusus ke buku besar utama
c)      Posting jurnal umum ke buku besar utama
d)     Ilustrasi pencatatan transaksi pada buku besar pembantu dan buku besar utama

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang pencatatan transaksi perusahaan dagang dan jurnal khusus. Kemudian guru menjelaskan bahwa kali ini pencatatan tersebut akan dilanjutkan ke dalam buku besar.


b. Motivasi
            Pemahaman materi kali ini sangat berguna dalam pemahaman mengenai akuntansi perusahaan dagang lebih lanjut.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 6-7 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk melakukan posting bukti transaksi ke dalam buku besar pembantu.
  c. Kelompok kedua diberi tugas untuk melakukan posting jurnal khusus ke buku besar
  utama.    
  d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk melakukan posting jurnal umum ke buku besar
utama.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: