Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

14 April 2011

Ekonomi SMA XI RPP15



EKONOMI XI RPP 15

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XI (sebelas) / 2

Standar Kompetensi : 5. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa 

Kompetensi Dasar     : 5.2 Menafsirkan persamaan akuntansi

  Indikator                    : 1. Menggolongkan suatu transaksi keuangan menurut pihak yang
                                            melakukan transaksi tersebut.
                                2. Membedakan antara transaksi modal dan usaha.
                                        3. Memahami persamaan akuntansi.
                                        4. Menghitung besarnya modal akhir.
                                5. Menyusun laporan laba- rugi, laporan perubahan modal, dan
                                            neraca.
                                        6. Menyusun laporan arus kas metode langsung dan tidak
                                            langsung

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menggolongkan suatu transaksi keuangan menurut pihak yang melakukan transaksi tersebut.
b)      Siswa dapat membedakan antara transaksi modal dan usaha.
c)      Siswa dapat memahami persamaan akuntansi.
d)     Siswa dapat menghitung besarnya modal akhir.
e)      Siswa dapat menyusun laporan laba- rugi, laporan perubahan modal, dan neraca.
f)       Siswa dapat menyusun laporan arus kas metode langsung dan tidak langsung.

B. Materi Pokok
            Persamaan akuntansi

C. Uraian Materi
a)      Penggolongan transaksi keuangan
b)      Persamaan akuntansi
c)      Laporan keuangan

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang akuntansi sebagai sistem informasi. Kemudian guru memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang persamaan akuntansi.
b. Motivasi
            Pemahaman tentang persamaan akuntansi akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menggolongkan suatu transaksi keuangan menurut pihak yang melakukan transaksi tersebut.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk membedakan antara transaksi modal dan usaha.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menjelaskan persamaan akuntansi dan menghitung besarnya modal akhir.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk menyusun laporan laba- rugi, laporan perubahan modal, neraca, serta laporan arus kas metode langsung dan tidak langsung.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …


…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: