KIMIA X RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMA
Kelas : X (sepuluh)
Mata Pelajaran : KIMIA
Standar Kompetensi
3. Memahami sifat-sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit, serta oksidasi-reduksi.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data percobaan.
Indikator
1. Mengidentifikasi sifat-sifat non-elektrolit dan elektrolit melalui percobaan.
2. Mengelompokkan larutan ke dalam larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya.
3. Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik.
4. Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan perbedaan larutan non-elektrolit dan larutan elektrolit.
2. Menyebutkan contoh larutan non-elektrolit dan larutan elektrolit.
3. Menguji daya hantar listrik larutan.
4. Membedakan istilah disosiasi dan ionisasi.
5. Menjelaskan pengertian derajat ionisasi.
6. Membedakan elektrolit kuat dan elektrolit lemah.
7. Menyebutkan beberapa senyawa yang termasuk non-elektrolit dan elektrolit kuat atau lemah dalam pelarut air.
8. Menjelaskan aplikasi non-elektrolit dan elektrolit dalam ilmu kimia.
9. Menjelaskan pengertian persamaan reaksi ion.
10. Menuliskan persamaan reaksi ion.
B. Materi Pembelajaran
Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Eksperimen
- Observasi
- Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
–Sebutkan contoh larutan non-elektrolit.
–Apakah larutan NaCl tergolong larutan elektrolit?
l Prasyarat pengetahuan:
–Apakah yang dimaksud dengan larutan non-elektrolit?
–Apakah yang dimaksud dengan larutan elektrolit?
l Pra eksperimen:
– Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan larutan non-elektrolit dan larutan elektrolit.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh larutan non-elektrolit dan larutan elektrolit.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil baterai, sebuah lampu, dua buah elektrode karbon, gelas kimia, larutan NaCl 1 M, larutan CH3COOH 1 M, dan larutan gula atau sukrosa (C12H22O11) 1 M.
l Guru mempresentasikan langkah kerja untuk menguji daya hantar listrik larutan (Kegiatan 8.1 halaman 240).
l Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l Peserta didik dalam setiap kelompok diminta untuk membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
l Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
– Apakah larutan HCl tergolong elektrolit kuat?
– Bagaimana cara menuliskan persamaan reaksi ion?
l Prasyarat pengetahuan:
– Apakah yang dimaksud dengan elektrolit kuat?
– Apakah yang dimaksud dengan persamaan reaksi ion?
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan istilah disosiasi dan ionisasi.
l Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian derajat ionisasi.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan elektrolit kuat dan elektrolit lemah.
l Peserta didik dalam kelompoknya mendiskusikan contoh beberapa senyawa yang termasuk non-elektrolit dan elektrolit kuat atau lemah dalam pelarut air.
l Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik memperhatikan aplikasi non-elektrolit dan elektrolit dalam ilmu kimia (asam, basa, dan garam; stoikiometri larutan; pengaruh elektrolit terhadap kesetimbangan kimia; sifat koligatif larutan; elektrokimia, dan elektrolisis) yang disampaikan oleh guru.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian persamaan reaksi ion.
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara menuliskan persamaan reaksi ion.
l Peserta didik memperhatikan contoh soal penulisan persamaan reaksi ion yang disampaikan oleh guru.
l Guru memberikan beberapa soal penulisan persamaan reaksi ion untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a. Buku Kimia SMA dan MA Jl.1 (Esis) halaman 237-252
b. Buku referensi yang relevan
c. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
– Tes tertulis
– Tes unjuk kerja
– Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
– Tes PG
– Tes uraian
– Uji petik kerja produk
– Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
– Contoh tes PG
Zat-zat berikut yang tergolong elektrolit kuat, elektrolit lemah, dan non-elektrolit adalah ....
a. KCN, N2H4, CO(NH2)2 d. CO(NH2)2, KCN, N2H4
b. KCN, CO(NH2)2, N2H4 e. N2H4, KCN, CO(NH2)2
c. CO(NH2)2, N2H4, KCN
– Contoh tes uraian
Sebagian senyawa kovalen adalah elektrolit, contohnya H2SO4, HCl, HNO3, dan CH3COOH. Jelaskan mekanisme pelarutan jenis zat tersebut.
– Contoh tugas rumah
Buatlah artikel mengenai penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik. Kalian dapat mencari sumber mengenai topik tersebut dari majalah, koran, atau internet, kemudian kumpulkan ke guru.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment