Google Web Search Gadget

Facebook Share

14 April 2011

Ekonomi SMA XI RPP2



EKONOMI XI RPP 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XI (sebelas) / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi

Kompetensi Dasar     : 1.2 Mendeskripsikan tujuan pembangunan ekonomi


Indikator                    : 1. Menjelaskan pengertian pembangunan ekonomi.
  2. Menilai kondisi perekonomian Indonesia dan menjelaskan tujuan pembangunan ekonomi di Indonesia.
3. Mengidentifikasi permasalahan pembangunan ekonomi di Indonesia.
4. Mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia.

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menjelaskan pengertian pembangunan ekonomi.
b)      Siswa dapat menilai kondisi perekonomian Indonesia dan menjelaskan tujuan pembangunan ekonomi di Indonesia.
c)      Siswa dapat mengidentifikasi permasalahan pembangunan ekonomi di Indonesia.
d)      Siswa dapat mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia.

B. Materi Pokok
            Pembangunan ekonomi

C. Uraian Materi
a)      Pengertian pembangunan ekonomi
b)      Pengertian dan tujuan pembangunan nasional
c)      Pola dan tahapan pembangunan nasional
d)      Keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang ketenagakerjaan. Kondisi ketenagakerjaan sangat berkaitan dengan keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia. Kemudian guru mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan pembangunan nasional. Selama kegiatan tersebut, guru menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
b. Motivasi
            Setiap negara secara berkesinambungan melakukan pembangunan ekonomi untuk menciptakan kesejahteraan rakyatnya.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menjelaskan pengertian pembangunan ekonomi.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menilai kondisi perekonomian Indonesia dan menjelaskan tujuan pembangunan ekonomi di Indonesia.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengidentifikasi permasalahan pembangunan ekonomi di Indonesia.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.
d. Siswa diberi tugas untuk mencari artikel koran dan majalah yang berkaitan dengan pembangunan nasional.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, OHP, spidol





Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments:

Finance Tip of the Day

Online shop