14 April 2011

Kimia SMA X RPP 2


KIMIA X RPP 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMA
Kelas                           : X (sepuluh)
Mata Pelajaran          : KIMIA

Standar Kompetensi
1.    Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia.

Kompetensi Dasar
1.2  Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk.

Indikator
1.        Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.
2.        Menggambarkan susunan elektron valensi atom gas mulia (oktet dan duplet) dan elektron valensi bukan gas mulia (struktur Lewis).
3.        Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion.
4.        Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal dan kovalen rangkap.
5.        Menjelaskan proses terbentuknya ikatan koordinasi pada beberapa senyawa.
6.        Menyelidiki kepolaran beberapa senyawa dan hubungannya dengan keelektronegatifan.
7.        Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannya dengan sifat fisik logam.
8.        Menghubungkan sifat fisis materi dengan jenis ikatannya.

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.        Menjelaskan kondisi stabil atom unsur.
2.        Menjelaskan aturan oktet dan aturan duplet.
3.        Menjelaskan pengertian ikatan ion.
4.        Menuliskan lambang Lewis untuk menggambarkan pembentukan ikatan ion.
5.        Menjelaskan pengertian ikatan kovalen.
6.        Menuliskan struktur Lewis untuk menggambarkan pembentukan ikatan kovalen.
7.        Menyebutkan jenis-jenis ikatan kovalen.
8.        Membedakan ikatan kovalen tunggal dan ikatan kovalen rangkap.
9.        Membedakan ikatan kovalen bersifat non-polar dan polar.
10.    Mengetahui kepolaran molekul.
11.    Menjelaskan pengertian ikatan kovalen koordinasi.
12.    Menuliskan struktur Lewis untuk menggambarkan pembentukan ikatan kovalen koordinasi.
13.    Menjelaskan pengertian ikatan logam.
14.    Membedakan senyawa ion, senyawa kovalen, dan logam.
15.    Membedakan sifat fisis senyawa ion, senyawa kovalen, dan logam.

B. Materi Pembelajaran
Ikatan Kimia

C. Metode Pembelajaran
1.  Model               :   -  Direct Instruction (DI)
                               -  Cooperative Learning
2.  Metode :   -  Diskusi kelompok
                               -  Ceramah
                                -  Eksperimen



D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
      Apakah syarat terbentuknya ikatan ion?
      Bagaimana proses terbentuknya ikatan kovalen?    
l  Prasyarat pengetahuan:
     Apakah yang dimaksud dengan ikatan ion?
     Apakah yang dimaksud dengan ikatan kovalen?
    
b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kondisi stabil atom unsur.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai aturan oktet dan aturan duplet.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian ikatan ion.
l  Peserta didik memperhatikan penulisan lambang Lewis untuk menggambarkan pembentukan ikatan ion yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal penulisan lambang Lewis untuk menggambarkan pembentukan ikatan ion yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal penulisan lambang Lewis untuk menggambarkan pembentukan ikatan ion untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian ikatan kovalen.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai penulisan struktur Lewis untuk menggambarkan pembentukan ikatan kovalen.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan jenis-jenis ikatan kovalen.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara ikatan kovalen tunggal dan ikatan kovalen rangkap.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan tips menggambar struktur Lewis untuk molekul dengan ikatan kovalen tunggal dan ikatan kovalen rangkap yang disampaikan oleh guru.
    
c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Bagaimana kaitan antara keelektronegatifan dengan kepolaran dari suatu ikatan kovalen?
-      Bagaimana proses terbentuknya ikatan logam?
l  Prasyarat pengetahuan:
- Apakah syarat terjadinya ikatan kovalen bersifat polar?
- Apakah yang dimaksud dengan ikatan logam?
l  Pra eksperimen:
     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
b. Kegiatan Inti
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kepolaran ikatan kovalen.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara ikatan kovalen bersifat non-polar dan ikatan kovalen bersifat polar.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sisir plastik, kain wol, air, larutan karbon tetraklorida, dan buret.
l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen memahami kepolaran molekul (Kegiatan 4.1 halaman 126).
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian ikatan kovalen koordinasi.
l  Peserta didik memperhatikan penulisan struktur Lewis untuk menggambarkan pembentukan ikatan kovalen koordinasi yang disampaikan oleh guru.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian ikatan logam.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara senyawa ion, senyawa kovalen, dan logam.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan sifat fisis senyawa ion, senyawa kovalen, dan logam.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
a. Buku Kimia SMA dan MA Jl. 1 (Esis) halaman 111-146
b. Buku referensi yang relevan
c. Alat dan bahan praktikum

F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
-      Tes tertulis
-      Tes unjuk kerja
        b. Bentuk Instrumen:
-      Tes PG
-      Tes isian
-      Tes uraian
-      Uji petik kerja produk
        c. Contoh Instrumen:
      Contoh tes PG
                  Di antara senyawa di bawah ini yang memiliki titik leleh dan titik didih paling tinggi
                  adalah ....
 a. HCl                       d. CCl4
 b. NaCl                     e. H2O
 c. NH3 
 
      Contoh tes isian
                  Ikatan kimia yang terbentuk sebagai akibat serah terima elektron antar-atom disebut ....
      Contoh tes uraian
                  Gunakan struktur lewis untuk menggambarkan pembentukan molukel berikut:     
                            a. PH3                              b. BCl3             c. CHCl3              d. C2H6.



                                                       ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                                             ..............................
NIP.                                                                                                                   NIP.

No comments: