06 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 15



SEJARAH VII RPP 15
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
                                                      Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan   
                                                         dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha di Indonesia
                                                         serta peninggalan-peninggalannya
Indikator                                 :  -    Mendeskripsikan proses masuknya pengaruh Hindu
                                                        Buddha di Indonesia
-          Mengidentifikasi jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan proses masuknya pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia
·         Mengidentifikasi jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia

B.     Materi Pembelajaran
·         Proses masuknya pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia
·         Jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia

C.    Metode Pembelajaran
Diskusi dan demonstrasi peta

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menjelaskan mengenai teori masuknya Hindu-Buddha di Indonesia.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Peserta didik mendemonstrasikan peta jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.
·         Diskusi mengenai jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 63 - 64).

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 55 - 66)
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
  • Unjuk kerja dalam bentuk demonstrasi peta mengenai jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Rubrik Penilaian
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia




Ketepatan menunjukkan pada peta mengenai jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia




Kemampuan menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam mendemonstrasikan peta




Nilai rata-rata




Komentar

Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55




·         Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 63 - 64).
Kunci Jawaban

A.
1. a
2. d
3. c
4. c
5. b

B.
1. Mohenjo-Daro dan Harappa
2. Waisya
3. Hinayana
4. Pratityasamutpada
5. J.C. van Leur




Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

Sejarah SMP VII RPP 14


SEJARAH VII RPP 14
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
                                                      Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan   
                                                         dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha di Indonesia
                                                         serta peninggalan-peninggalannya
Indikator                                 : Mendeskripsikan proses lahir dan perkembangan agama
  Hindu dan Buddha
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan proses lahir dan perkembangan agama Hindu dan Buddha

B.     Materi Pembelajaran
·         Lahir dan perkembangan agama Hindu
·         Lahir dan perkembangan agama Buddha

C.    Metode Pembelajaran
Pemberian tugas melalui ICT dan diskusi

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menjelaskan mengenai Candi Borobudur.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Peserta didik ditugaskan membuat rangkuman berdasarkan artikel di internet dengan alamat http://hinduism.isk.com/ untuk mengetahui agama dan kebudayaan Hindu dan http://buddhism.2be.net/Main_Page untuk mengetahui agama dan kebudayaan Buddha (Dunia Maya hal 59). Rangkuman dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
·         Diskusi mengenai lahir dan perkembangan Hindu-Buddha di Indonesia.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 55 - 66)
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet


F.     Penilaian
·         Portofolio dalam bentuk rangkuman dari artikel internet mengenai agama dan kebudayaan Hindu-Buddha (Dunia Maya hal 59). Rangkuman dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Kesesuaian rangkuman dengan isi artikel





Rangkuman dilengkapi dengan gambar mengenai agama dan kebudayaan Hindu-Buddha





Kualitas rangkuman





Kerapian rangkuman





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55








Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................