10 April 2011

Ekonomi SMA X RPP21



EKONOMI X RPP 21

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 6. Memahami konsumsi dan investasi

Kompetensi Dasar     : 6.2 Mendeskripsikan kurva permintaan investasi

Indikator                    : 1. Mendeskripsikan pengertian investasi
  2. Mendeskripsikan fungsi investasi
  3. Mendeskripsikan kurva permintaan investasi

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian investasi
b)      Siswa dapat mendeskripsikan fungsi investasi
c)      Siswa dapat mendeskripsikan kurva permintaan investasi

B. Materi Pokok
            Kurva permintaan investasi

C. Uraian Materi
a)      Pengertian investasi
b)      Fungsi investasi
c)      Kurva permintaan investasi

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
            Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan indikator pencapaian kompetensi dasar.
b. Motivasi
            Investasi merupakan salah satu penentu nilai pendapatan nasional.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian dan fungsi investasi.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan kurva permintaan investasi.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

Ekonomi SMA X RP20



EKONOMI X RPP 20

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 6. Memahami konsumsi dan investasi

Kompetensi Dasar     : 6.1 Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan

Indikator                    : 1. Menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya
  2. Menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya

Alokasi Waktu           : 6 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya
b)      Siswa dapat menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya

B. Materi Pokok
            Fungsi konsumsi dan fungsi tabungan

C. Uraian Materi
a)      Fungsi konsumsi
b)      Fungsi tabungan

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
            Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan indikator pencapaian kompetensi dasar.
b. Motivasi
            Fungsi konsumsi dan fungsi tabungan menggambarkan bagaimana pendapatan dialokasikan.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan fungsi konsumsi.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan fungsi tabungan.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

Ekonomi SMA X RPP19



EKONOMI X RPP 19

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).

Kompetensi Dasar     : 5.4 Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi.

Indikator                    : 1. Mendeskripsikan pengertian indeks harga dan indeks harga konsumen
                                      2. Menghubungkan indeks harga dengan inflasi
                                      3. Mendeskripsikan pengertian dan jenis-jenis inflasi
                                      4. Mengidentifikasi penyebab, dampak, dan cara-cara mengatasi inflasi
                                      5. Menghitung angka inflasi

Alokasi Waktu           : 3 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian indeks harga dan indeks harga konsumen
b)      Siswa dapat menghubungkan indeks harga dengan inflasi
c)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian dan jenis-jenis inflasi
d)     Siswa dapat mengidentifikasi penyebab, dampak, dan cara-cara mengatasi inflasi
e)      Siswa dapat menghitung angka inflasi

B. Materi Pokok
            Indeks harga dan inflasi

C. Uraian Materi
a)      Pengertian indeks harga dan indeks harga konsumen
b)      Hubungan indeks harga dengan inflasi
c)      Pengertian dan jenis-jenis inflasi
d)     Penyebab, dampak, dan cara-cara mengatasi inflasi
e)      Perhitungan angka inflasi

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
            Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan indikator pencapaian kompetensi dasar. Kemudian siswa dipersilahkan melihat tayangan yang berhubungan dengan inflasi.           
b. Motivasi
            Indeks harga dan inflasi adalah salah satu indikator perekonomian suatu negara yang senantiasa menjadi perhatian seluruh masyarakat.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian indeks harga, indeks harga konsumen, dan inflasi.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menghubungkan indeks harga dengan inflasi.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan jenis-jenis inflasi dan mengidentifikasi penyebab, dampak, dan cara-cara mengatasi inflasi.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk menghitung angka inflasi.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, OHP dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

Ekonomi SMA X RPP18



EKONOMI X RPP 18

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).

Kompetensi Dasar     : 5.3 Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain.

Indikator                    : Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain.

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain.

B. Materi Pokok
            PDB dan pendapatan per kapita

C. Uraian Materi
            Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain.

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengembangkan pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan pendapatan nasional dan mengarahkan pemikiran pada kompetensi dasar.
b. Motivasi
            Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lainnya dapat mengingatkan kita pada ketertinggalan negara kita sekaligus memicu semangat untuk turut serta membangun dan mengatasi ketertinggalan tersebut.

2. Kegiatan Inti
            Siswa diminta untuk mengamati data PDB dan pendapatan per kapita beberapa negara, kemudian membandingkan data tersebut dengan data PDB dan pendapatan per kapita Indonesia.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

Ekonomi SMA X RPP17



EKONOMI X RPP 17

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).

Kompetensi Dasar     : 5.2 Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional.

Indikator                    : Mengidentifikasi manfaat dan melakukan perhitungan pendapatan nasional.

Alokasi Waktu           : 1 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi manfaat dan melakukan perhitungan pendapatan nasional.

B. Materi Pokok
            Perhitungan pendapatan nasional

C. Uraian Materi
a)      Manfaat perhitungan pendapatan nasional
b)      Menghitung pendapatan nasional

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang konsep pendapatan nasional. Kemudian guru menjelaskan cara-cara perhitungan pendapatan nasional.
b. Motivasi
            Perhitungan pendapatan nasional sangat penting mengingat pendapatan nasional adalah salah satu indikator kesejahteraan suatu negara.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan pendapatan.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan produksi.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...