Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 April 2011

Ekonomi SMA X RP20



EKONOMI X RPP 20

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 6. Memahami konsumsi dan investasi

Kompetensi Dasar     : 6.1 Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan

Indikator                    : 1. Menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya
  2. Menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya

Alokasi Waktu           : 6 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya
b)      Siswa dapat menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya

B. Materi Pokok
            Fungsi konsumsi dan fungsi tabungan

C. Uraian Materi
a)      Fungsi konsumsi
b)      Fungsi tabungan

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
            Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan indikator pencapaian kompetensi dasar.
b. Motivasi
            Fungsi konsumsi dan fungsi tabungan menggambarkan bagaimana pendapatan dialokasikan.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan fungsi konsumsi.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan fungsi tabungan.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: