EKONOMI X RPP 20
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 2
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsumsi dan investasi
Kompetensi Dasar : 6.1 Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan
Indikator : 1. Menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya
2. Menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya
b) Siswa dapat menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya
B. Materi Pokok
Fungsi konsumsi dan fungsi tabungan
C. Uraian Materi
a) Fungsi konsumsi
b) Fungsi tabungan
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan indikator pencapaian kompetensi dasar.
b. Motivasi
Fungsi konsumsi dan fungsi tabungan menggambarkan bagaimana pendapatan dialokasikan.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan fungsi konsumsi.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan fungsi tabungan.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.
G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol
Mengetahui ………, ………200….
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK …………...
No comments:
Post a Comment