Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 April 2011

Ekonomi SMA X RPP8



EKONOMI X RPP 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1

Standar Kompetensi : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi produsen dan konsumen.

Kompetensi Dasar     : 2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen.

Indikator                    : 1. Mengidentifikasi peran konsumen dalam kegiatan ekonomi.
2. Mengidentifikasi peran produsen dalam kegiatan ekonomi.

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mengidentifikasi peran konsumen dalam kegiatan ekonomi.
b)      Siswa dapat mengidentifikasi peran produsen dalam kegiatan ekonomi.

B. Materi Pokok
            Peran konsumen dan produsen

C. Uraian Materi
a)      Peran konsumen dalam kegiatan ekonomi.
b)      Peran produsen dalam kegiatan ekonomi.

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang circular flow diagram dan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh konsumen dan produsen. Kemudian guru memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang hal-hal penting yang berkaitan dengan peran konsumen dan produsen.
b. Motivasi
            Pemahaman mengenai peran konsumen dan produsen sangat penting karena dapat diterapkan pada kehidupan ekonomi siswa sehari-hari.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengidentifikasi peran konsumen.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengidentifikasi peran podusen.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.


G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol
Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: