Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 April 2011

Ekonomi SMA X RPP24



EKONOMI X RPP 24

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 7. Memahami uang dan perbankan

Kompetensi Dasar     : 7.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter

Indikator                    : 1. Mendeskripsikan tujuan kebijakan moneter
  2. Mendeskripsikan kebijakan dan instrumen kebijakan moneter

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan tujuan kebijakan moneter
b)      Siswa dapat mendeskripsikan kebijakan moneter

B. Materi Pokok
            Kebijakan pemerintah di bidang moneter

C. Uraian Materi
a)      Tujuan kebijakan moneter
b)      Kebijakan moneter pasar terbuka
c)      Kebijakan moneter diskonto
d)     Kebijakan moneter cadangan kas
e)      Kebijakan moneter dorongan moral

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
            Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan indikator pencapaian kompetensi dasar.
b. Motivasi
            Kebijakan moneter adalah kebijakan yang dilakukan oleh bank sentral untuk memperbaiki keadaan ekonomi dengan cara mengubah jumlah uang beredar. Siswa sudah semestinya mempelajari tentang kbijakan moneter.


2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan kebijakan moneter pasar terbuka.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan kebijakan moneter diskonto.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan kebijakan moneter cadangan kas.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan kebijakan moneter dorongan moral.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: