BIOLOGI XII RPP 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 21, 22, 23, dan 24
Alokasi Waktu : 8 × 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar : 3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
Tujuan : Siswa memahami prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
======================================================================
I. Indikator
· Menerapkan pola umum hereditas menurut Mendel
· Menguji hukum mendel dan model perkawinan monohibrid dan dihibrid
· Menerapkan beberapa pola penurunan sifat
· Menerapkan pola-pola hereditas pada manusia
I. Materi Ajar
· Hukum Mendel
· Pola-pola hereditas
· Genetika manusia
II. Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi
III. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan 21 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali pengertian gen kepada siswa.
· Guru menjelaskan latar belakang penelitian Mendel dengan menggunakan kacang kapri.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel I (hukum segregasi).
· Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel I dalam pembentukan gamet.
· Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel I dengan beberapa kasus perkawinan monohibrid pada pada kacang kapri
· Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel II ( Law of Independent Assortment).
· Siswa menerapkan Hukum Mendel II dalam pembentukan gamet.
· Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel II pada beberapa beberapa kasus perkawinan dihibrid pada kacang kapri.
· Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip Testcross, Backcross, dan persilangan resiprok.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan hukum Mendel dan implementasinya pada pewarisan sifat.
Pertemuan 22 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali prinsip hukum Mendel.
· Guru meminta guru menguji kebenaran hukum Mendel dengan model persilangan menggunakan kancing genetika dengan Kegiatan 5.1.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa menyiapkan Kegiatan 5.1 dengan mengambil seperangkat kancing genetika.
· Siswa melakukan pengujian hukum Mendel I dengan model perkawinan monohibrid dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
· Siswa melanjutkan dengan dengan menguji hukum Mendel II dengan model perkawinan dihibrid dengan menggunakan petunjuk yang diberikan guru.
· Siswa mencatat hasil penghitungan dan membulatkan perbandingan.
· Siswa menyimpulkan hasil penghitungan dengan hasil teoritik menurut hukum Mendel.
· Siswa menyusun laporan hasil kegiatan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru mengumpulkan hasil kegiatan setiap kelompok, kemudian menghitung hasil kelas.
· Siswa menyimpulkan perbandingan antara hasil kelompok dan hasil kelas.
· Siswa mengumpulkan laporan hasil kegiatan.
Pertemuan 23 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kemungkinan perbandingan fenotip keturunan pada perkawinan monohibrid heterozigot (F2).
· Guru menanyakan kemungkinan perbendingan fenotip keturunan pada perkawinan dihibrid heterozigot (F2).
· Guru menjelaskan ada pewarisan sifat yang seolah-olah menyimpang dari hukum Mendel.
B. Kegiatan inti (75 menit)
· Guru memberikan contoh karakter yang bersifat intermediet (dominansi tidak sempurna) lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbendingan yang dihasilkan.
· Guru memberikan contoh karakter yang bersifat kodominan, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab terjadinya perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
· Guru memberikan contoh karakter yang bersifat alel ganda, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
· Guru memberikan contoh karakter yang bersifat alel letal, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
· Guru memberikan contoh karakter yang bersifat atavisme, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
· Guru memberikan contoh karakter yang bersifat polimeri, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan
· Guru memberikan contoh karakter yang bersifat kriptomeri, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
· Guru memberikan contoh karakter yang bersifat epistasis dan hipotasis, lalu siswa menghitung perbandingan fenotif pada F2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
· Guru memberikan contoh karakter yang bersifat komplementer, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
· Guru memberikan contoh terjadinya tautan dan pindah silang, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip keturunannya.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
· Guru memberikan contoh gen yang tertaut kelamin (Sex linked genes), lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
· Siswa bersama menyimpulkan hubungan hukum Mendel dengan berbagai pola penurunan sifat.
Pertemuan 24 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (15 menit)
· Guru menanyakan kepada siswa apakah prinsip-prinsip hukum Mendel dapat diterapkan dengan mudah pada manusia.
· Siswa bersama guru mendiskusikan kesulitan mempelajari genetika pada manusia.
· Siswa bersama guru mendiskuikan penggunaan peta silsilah untuk mempelajari genetika manusia.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru menjelaskan prinsip pewarisan sifat golongan sistem ABO, MN, dan Rh.
· Guru memberikan beberapa contoh permasalahan golongan darah pada manusia dan siswa memecahkan permasalahan tersebut.
· Guru menjelaskan beberapa kelainan genetis pada manusia.
· Guru memberikan beberapa persoalan gangguan/penyakit genetis pada manusia dan siswa memecahkan persoalan tersebut.
· Siswa bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan keturunan pada tumbuhan dan hewan.
· Siswa bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan keturunan pada manusia.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
· Bersama siswa menyimpulkan prinsip penerapan genetika pada manusia.
· Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan Kegiatan 5.3 dan 5.4. Hasil pengkajian disusun dalam kertas kerja yang dijilid dan dikumpulkan.
IV. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
· Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
V. Penilaian
· Laporan hasil kegiatan
· Uji kompetensi tertulis
No comments:
Post a Comment