Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 April 2011

Ekonomi SMA X RPP 3



EKONOMI X RPP 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya  dengan                                           kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.

Kompetensi Dasar     : 1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi.

Indikator                    : 1. Mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.
2. Mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi barang.
                                      3. Mendeskripsikan untuk siapa barang diproduksi.
                                   
Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.
b)      Siswa dapat mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi barang.
c)      Siswa dapat mendeskripsikan untuk siapa barang diproduksi.

B. Materi Pokok
Masalah ekonomi tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi.


C. Uraian Materi
a)        Barang apa yang akan diproduksi dan berapa jumlahnya.
b)       Bagaimana cara memproduksi barang.
c)        Untuk siapa barang tersebut diproduksi.

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang kelangkaan. Kemudian guru mengaitkan masalah kelangkaan tersebut dengan masalah tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi serta memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi yang baru dan kompetensi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
            Masalah tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi adalah masalah ekonomi yang paling mendasar, sehingga harus dipahami dengan tuntas.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 10-12 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan untuk siapa barang barang diproduksi.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: