Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 April 2011

Ekonomi SMA X RPP14



EKONOMI X RPP 14

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 4. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.

Kompetensi Dasar     : 4.1 Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro.

Indikator                    : 1. Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan makro
2. Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan makro
3. Memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro dan makro

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan makro.
b)      Siswa dapat mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan makro.
c)      Siswa dapat memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro dan makro.

B. Materi Pokok
            Ekonomi mikro dan makro

C. Uraian Materi
a)      Pengertian ekonomi mikro dan makro
b)      Perbedaan antara ekonomi mikro dan makro

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberikan penjelasan tentang pembagian ilmu ekonomi menjadi ekonomi mikro dan makro. Kemudian guru menguraikan pengertian dari ekonomi mikro dan makro serta perbedaan antara keduanya.
b. Motivasi
            Ekonomi mikro dan makro merupakan ilmu ekonomi yang penting untuk dipelajari karena dapat membantu individu, masyarakat dan pemerintah dalam merumuskan kebijakan ekonomi.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang isu-isu yang termasuk ke dalam ekonomi mikro.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang isu-isu yang termasuk ke dalam ekonomi makro.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: