Google Web Search Gadget

Facebook Share

10 April 2011

Biologi SMA XII RPP 12



BIOLOGI XII RPP 12

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan                  : 27
Alokasi Waktu            : 2 × 45 Menit
Standar Kompetensi  : 4.   Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar      : 4.1    Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
Tujuan                        : Siswa memahami teori, prinsip, dan kemanisme evolusi

 ======================================================================                                            

I.       Indikator
·        Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal usul kehidupan
·        Mendeskripsikan teori evolusi menurut Darwin

II.  Materi Ajar
·        Hipotesis asal usul kehidupan
·        Teori evolusi Darwin

III. Metode Pembelajaran
   Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

   Pertemuan 27 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menunjukkan adanya keanekaragaman yang ada di alam sekitar dan menanyakan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
·        Siswa mencoba mengidentifikasi asal-usul keanekaragaman makhluk hidup.

B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan abiogenesis sebagai asal-usul kehidupan.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan biogensis yang menyanggah pandangan biogenesis untuk menjelaskan asal-usul kehidupan.
·         Guru menjelaskan bahwa teori biogenesis benar, tetapi belum dapat menjelaskan mekanisme terbentuknya asal usul kehidupan dan mekansime terbentuknya keanekaragaman.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa pandangan evolusi Pra-Darwin.
·         Siswa mendiskusikan mekanisme  evolusi menurut Darwin.

C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan.
·         Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis   
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
      ·    Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan                  : 28 dan 29
Alokasi Waktu            : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi  : 4.   Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar      : 4.2    Mengkomunikaskan hasil studi evolusi biologi
Tujuan                           :              Siswa mampu mengkomunikasikan hasil studi evolusi

 ===================================================================                                           

I.       Indikator
·        Menujukkkan bukti-bukti evolusi
·        Mendeskripsikan ekperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia
·        Menerapkan hukum Handy-Weinberg

II.    Materi Ajar
·        Bukti-bukti yang mendukung evolusi Darwin
·        Teori evolusi biologi dan kimia
·        Hukum Hardi-Weinberg

III. Metode pembelajaran
   Diskusi -Penugasan

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

   Pertemuan 28 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menjelaskan bahwa teori evolusi.  Walaupun dianggap benar, tetapi tidak dapat dibuktikan dengan eksperimen, tetapi hanya dapat dibuktikan dengan fakta-fakta yang mendukung teori tersebut.
·        Guru menanyakan mengapa hal tersebut dapat terjadi?

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta langsung yang mendukung  teori evolusi, misalnya adanya variasi, adanya fosil.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta tidak langsung yang mendukung evolusi misalnya biogeografi, palaentologi, homologi organ, struktur DNA, homologi embrio.
·         Guru menjelaskan bahwa apabila evolusi terjadi, maka di alam akan terjadi proses spesiasi.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan terjadinya mekanisme proses spesiasi di alam misalnya isolasi geografis dan isolasi reproduksi.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa evolusi terjadi.



   Pertemuan 29 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menjelaskan bahwa evolusi tidak terjadi secara invidual tetapi terjadi dalam populasi.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa bersama guru menjelaskan hukum Hardy-Weinberg untuk menjelaskan mekanisme evolusi dalam populasi.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan evolusi kimia dan evolusi biologi untuk menjelaskan asal-usul kehidupan.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan hukum Hardy-Weinberg.
·         Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi kimia dan biologi.
(Catatan: Apabila tersedia siswa dapat diajak menonton VCD  prokontra evolusi Harun Yahya).

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis   
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI.  Penilaian
            ·    Uji kompetensi tertulis

No comments:

Finance Tip of the Day

Online shop