There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

10 April 2011

Biologi SMA XII RPP 12



BIOLOGI XII RPP 12

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan                  : 27
Alokasi Waktu            : 2 × 45 Menit
Standar Kompetensi  : 4.   Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar      : 4.1    Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
Tujuan                        : Siswa memahami teori, prinsip, dan kemanisme evolusi

 ======================================================================                                            

I.       Indikator
·        Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal usul kehidupan
·        Mendeskripsikan teori evolusi menurut Darwin

II.  Materi Ajar
·        Hipotesis asal usul kehidupan
·        Teori evolusi Darwin

III. Metode Pembelajaran
   Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

   Pertemuan 27 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menunjukkan adanya keanekaragaman yang ada di alam sekitar dan menanyakan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
·        Siswa mencoba mengidentifikasi asal-usul keanekaragaman makhluk hidup.

B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan abiogenesis sebagai asal-usul kehidupan.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan biogensis yang menyanggah pandangan biogenesis untuk menjelaskan asal-usul kehidupan.
·         Guru menjelaskan bahwa teori biogenesis benar, tetapi belum dapat menjelaskan mekanisme terbentuknya asal usul kehidupan dan mekansime terbentuknya keanekaragaman.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa pandangan evolusi Pra-Darwin.
·         Siswa mendiskusikan mekanisme  evolusi menurut Darwin.

C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan.
·         Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis   
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
      ·    Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan                  : 28 dan 29
Alokasi Waktu            : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi  : 4.   Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar      : 4.2    Mengkomunikaskan hasil studi evolusi biologi
Tujuan                           :              Siswa mampu mengkomunikasikan hasil studi evolusi

 ===================================================================                                           

I.       Indikator
·        Menujukkkan bukti-bukti evolusi
·        Mendeskripsikan ekperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia
·        Menerapkan hukum Handy-Weinberg

II.    Materi Ajar
·        Bukti-bukti yang mendukung evolusi Darwin
·        Teori evolusi biologi dan kimia
·        Hukum Hardi-Weinberg

III. Metode pembelajaran
   Diskusi -Penugasan

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

   Pertemuan 28 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menjelaskan bahwa teori evolusi.  Walaupun dianggap benar, tetapi tidak dapat dibuktikan dengan eksperimen, tetapi hanya dapat dibuktikan dengan fakta-fakta yang mendukung teori tersebut.
·        Guru menanyakan mengapa hal tersebut dapat terjadi?

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta langsung yang mendukung  teori evolusi, misalnya adanya variasi, adanya fosil.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta tidak langsung yang mendukung evolusi misalnya biogeografi, palaentologi, homologi organ, struktur DNA, homologi embrio.
·         Guru menjelaskan bahwa apabila evolusi terjadi, maka di alam akan terjadi proses spesiasi.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan terjadinya mekanisme proses spesiasi di alam misalnya isolasi geografis dan isolasi reproduksi.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa evolusi terjadi.



   Pertemuan 29 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menjelaskan bahwa evolusi tidak terjadi secara invidual tetapi terjadi dalam populasi.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa bersama guru menjelaskan hukum Hardy-Weinberg untuk menjelaskan mekanisme evolusi dalam populasi.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan evolusi kimia dan evolusi biologi untuk menjelaskan asal-usul kehidupan.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan hukum Hardy-Weinberg.
·         Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi kimia dan biologi.
(Catatan: Apabila tersedia siswa dapat diajak menonton VCD  prokontra evolusi Harun Yahya).

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis   
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI.  Penilaian
            ·    Uji kompetensi tertulis

No comments: