10 April 2011

Biologi SMA XII RPP 14



BIOLOGI XII RPP 14

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan                  : 31, 32, 33
Alokasi Waktu            : 6 × 45 Menit
Standar Kompetensi  : 5.   Memahami prinsip-prinsip dasar boteknologi  serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar      : 5.1 Menjelaskan arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
Tujuan                           :              Siswa memahami arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi

 =======================================================================                                            

I.       Indikator
·        Menjelaskan pengertian bioteknologi
·        Membedakan bioteknologi tradisional dan modern
·        Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan hasilnya
·        Membuat produk bioteknologi tradisional
·        Mengekstraksi DNA

II.    Materi Ajar
·        Pengertian bioteknologi
·        Perbedaan bioteknologi tradisional dan modern
·        Rekayasa genetika  

III. Metode pembelajaran
      Diskusi-Eksperimen

IV. Langkah-langkah pembelajaran

Pertemuan 31 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
      ·    Guru menunjukkan beberapa produk bioteknologi yang dekat dengan siswa dan menanyakan proses produksi yang dilakukan.
      ·    Siswa bersama guru mendiskusikan pengertian bioteknologi  

B.     Kegiatan awal (70 menit)
·          Siswa dan guru mendiskusikan keterkaitan ilmu-ilmu lain dengan perkembangan bioteknologi.
·         Guru menjelaskan perkembangan rekayasa dan peranannya bagi perkembangan bioteknologi.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pengelompokan bioteknologi tradisional dan modern dan contoh-contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

C.     Kegiatan inti (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian bioteknologi dan dasar pengelompokkan bioteknologi tradisional dan modern.
·         Guru membentuk kelompok dan menugaskan untuk mempersiapkan pembuatan yogurt dengan menggunakan Kegiatan 8.1.

Pertemuan 32 (2 × 45 menit)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru meminta siswa untuk mempersiapkan pembuatan yogurt dengan menggunakan Kegiatan 8.1.

B.   Kegiatan inti (50 menit)
·         Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan termasuk bibit yang sudah dibuat.
·         Siswa melakukan kegiatan pembuatan yogurt.
·         Guru mengatur waktu pengamatan hasil kegiatan.

C.   Kegiatan akhir (30 menit)
·         Siswa menyimpan yogurt yang sedang diinkubasi di tempat yang sudah ditentukan.
·         Siswa membersihkan tempat dan alat bahan yang digunakan.
·         Guru meminta siswa mengamati hasil dan membuat laporan.

Pertemuan 33 (2 × 45 menit)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
      ·    Guru meminta siswa mempersiapkan Kegiatan 8.2. Ekstraksi DNA.
      ·    Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

B.   Kegiatan inti (70 menit)
      ·    Siswa melakukan eksperimen untuk mengekstraksi DNA sesuai dengan prosedur yang terdapat dalam Kegiatan 8.2.
      ·    Siswa mengamati hasil eksperimen.
      ·    Siswa mendiskusikan pertanyaan dalam Kegiatan 8.2.
      ·    Siswa menyusun laporan hasil eksperimen.

C.   Kegiatan akhir (10 menit)
      ·    Siswa membersihkan tempat dan alat yang digunakan.
      ·    Siswa mengumpulkan laporan hasil.

V.  Alat/bahan/sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis     
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
            ·    Uji kompetensi tertulis
            ·    Laporan hasil kegiatan


No comments: