BIOLOGI XII RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 17
Alokasi Waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar : 3.2 Menjelaskan hubungan gen, DNA-RNA-Polipeptida dan proses sintesis protein
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan hubungan antara gen, DNA, RNA, polipeptida, dan proses sintesis protein
======================================================================
I. Indikator
· Menjelaskan kode genetik (Kodon)
· Mendeskripsikan proses sintesis protein
II. Materi Ajar
· Kode genetik
· Sintesis protein
III. Metode Pembelajaran
Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I7 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
· Guru menanyakan kembali struktur DNA dan RNA.
· Guru menanyakan kembali macam basa nitrogen yang terdapat dalam DNA dan RNA.
B. Kegiatan inti (60 menit)
· Guru menjelaskan hubungan antara sifat genotip dengan sifat fenotip.
· Siswa bersama guru mendiskusikan sistem pengaturan kode genetik (Kodon).
· Dengan menggunkan Gambar 3.21, 3.22, dan 3.23, siswa mendiskusikan proses sintesis protein.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara DNA, RNA, kode genetik, dan sintesis protein.
V. Alat / Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
· Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis
No comments:
Post a Comment