Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 April 2011

Ekonomi SMA X RPP7



EKONOMI X RPP 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi produsen dan konsumen.

Kompetensi Dasar     : 2.2 Mendeskripsikan Circular Flow Diagram

Indikator                    : 1. Membuat model Circular Flow Diagram
                                      2. Mengidentifikasi manfaat Circular Flow Diagram

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat membuat model Circular Flow Diagram.
b)      Siswa dapat mengidentifikasi manfaat Circular Flow Diagram.

B. Materi Pokok
            Circulair Flow Diagram

C. Uraian Materi
a)      Circular Flow Diagram
b)      Manfaat Circular Flow Diagram

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi informasi awal tentang kegiatan ekonomi antarpelaku ekonomi.
b. Motivasi
            Pemahaman mengenai Circular Flow Diagram akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk membuat Circular Flow Diagram.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengidentifikasi manfaat Circular Flow Diagram.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.                         

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.
d. Siswa diberi tugas untuk mencari artikel koran dan majalah yang berkaitan dengan masalah kelangkaan.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: