10 April 2011

Biologi SMA XII RPP5



BIOLOGI XII RPP 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                  : 8 , 9, 10 , 11, dan 12
Alokasi Waktu            : 10 × 45 menit
Standar Kompetensi   : 2.   Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi Dasar      :  2.2    Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
Tujuan                           :        Siswa dapat membedakan dan mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat

 ======================================================================                                            

I.    Indikator
·        Mendefinisikan pengertian metabolisme
·        Menguji reaksi respirasi dengan eksperimen
·        Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi respirasi
·        Membandingkan respirasi aerob dan anerob berdasarkan ATP yang dihasilkan
·        Menguji proses fotosintesis dengan eksperimen
·        Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi fotosintesis

II.  Materi Ajar
·         Proses respirasi
·         Tahap-tahap reaksi respirasi
·         Proses fotosintesis
·         Tahap-tahap reaksi fotosintesis

III. Metode Pembelajaran
      Diskusi-Eksperimen-Penugasan

VI.  Langkah-Langkah Pembelajaran

      Pertemuan 8 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan pengertian katabolisme dan contoh reaksi katabolisme.
·         Guru menunjukkan beberapa gejala yang menunjukkan adanya proses respirasi.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan peranan respirasi bagi manusia.

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Guru menjelaskan reaksi umum respirasi.
·         Guru meminta siswa dalam kelompok mendiskusikan cara membuktikan reaksi respirasi.
·         Siswa menjelaskan cara membuktikan reaksi respirasi hasil diskusi kelompok.

C.     Kegiatan akhir (20 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan proses respirasi.
·         Guru menjelaskan bahwa reaksi respirasi sebenarnya merupakan rangkaian banyak reaksi yang dapat dikelompokkan menjadi glikolisis, siklus Krebs, dan sistem transpor elektron.
·         Guru menugaskan siswa mempelajari tahap-tahap reaksi respirasi.

      Pertemuan 9 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menjelaskan bahwa reaksi respirasi bukanlah merupakan reaksi tunggal, tetapi merupakan rangkaian reaksi yang dapat dikelompokkan menjadi glikolisis, siklus Krebs, dan sistem transpor elektron.
·         Dengan menggunakan Gambar 2.15, guru menjelaskan hubungan antara ketiga tahap reaksi tersebut dalam proses respirasi.

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Dengan menggunakan Gambar 2.16, siswa mendiskusikan tahap-tahap reaksi glikolisis.
·         Berdasarkan tahap-tahap reaksi glikolisis siswa mendiskusikan pengertian glikolisis dilihat dari aspek zat yang masuk, hasil, dan tempat berlangsungnya.
·         Dengan menggunakan Gambar 2.17, siswa mendiskusikan tahap-tahap reaksi pada siklus Krebs.
·         Berdasarkan tahap-tahap siklus Krebs siswa menyimpulkan pengertian siklus krebs dilihat dari zat yang masuk, hasil, dan tempat berlangsungnya.
·         Dengan menggunakan Gambar 2.18, siswa mendiskusikan proses transpor elektron dan hasilnya.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hasil repirasi apabila yang masuk dalam reaksi fotosintesis adalah glukosa.

Pertemuan 10 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menjelaskan bahwa makhluk hidup dapat melakukan dua macam reaksi repirasi yaitu respirasi aerob dan anaerob.
·         Siswa mendiskusikan perbedaan pengertian reaksi aerob dan anaerob.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara respirasi anaerob dan fermentasi.

B.     Kegiatan inti (50 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa reaksi fermentasi.
·         Siswa menyimpulkan jumlah ATP yang dihasilkan dalam fermentasi.

C.     Kegiatan akhir (20 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan perbedaan reaksi repirasi aerob dan anaerob dilihat dari ATP yang dihasilkan.

Pertemuan 11 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mempersiapkan Kegiatan 2.2 (daun Geranium  sudah disiapkan beberapa hari sebelumnya.
·         Siswa mengambil alat dan bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan eksperimen.

B.     Kegiatan inti (40 menit)
·         Siswa melakukan kegiatan pengujian daun Geranium dengan menggunakan Kegiatan 2.2.
·         Siswa mencatat hasil pengamatan.
C.     Kegiatan akhir (40 menit)
·         Guru menjelaskan reaksi umum fotosintesis
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara hasil eksperimen dengan reaksi fotosintesis.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan struktur daun dan bagian daun (kloroplas) tempat berlangsungnya fotosintesis.

Pertemuan 12 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menjelaskan pengertian reaksi anabolisme.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan contoh reaksi  fotosintesis dan kemosintesis sebagai contoh reaksi anabolisme.
·         Guru mengingatkan kembali stuktur kloroplas (grana dan stroma) dan peranannya dalam fotosintesis.

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pengikatan energi cahaya matahari  dalam reaksi terang fotosintesis dan hasilnya.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan penggunaan hasil reaksi terang untuk pembentukan glukosa dalam reaksi gelap (siklus Calvin).

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan proses fotosintesis dan hasilnya.
·         Guru menugaskan siswa siswa membuat bagan atau skema proses metabolisme dengan Kegiatan 2.3. Media yang digunakan bebas bisa berupa kertas maupun menggunakan power point.

V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·    Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
·    Laporan hasil praktikum
·    Uji kompetensi tertulis
·    Bagan proses metabolisme

No comments: