10 April 2011

Biologi SMA XI RPP 4



BIOLOGI XI RPP 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester         : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan                  : 6 dan 7
Alokasi Waktu            : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi  : 2.   Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan serta penerapannya dalam konteks Saling temas
Kompetensi Dasar         :  2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengkait kannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
Tujuan                        : Siswa dapat mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

                                     
I.    Indikator
·         Mengidentifikasi berbagai jaringan pada tumbuhan
·         Menyebutkan struktur dan fungsi berbagai jaringan tumbuhan
·         Menggambar struktur akar, batang, dan daun
·         Membandingkan struktur akar dan batang tumbuhan dikotil dan monokotil

II.  Materi Ajar
·         Struktur berbagai jaringan yang terdapat pada tumbuhan:
1.      Jaringan meristem
2.      Jaringan permanen
·         Struktur mikroskopis organ tumbuhan
1.      Akar
2.      Batang
3.      Daun

2.                                                                                                                                                      Metode Pembelajaran
Studi membaca - Pengamatan mikroskopis-Diskusi

3.                                                                                                                                                      Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 6 (2 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali tingkat organisasi kehidupan mulai dari sel sampai sistem organ.
·         Guru meminta siswa menjelaskan hubungan antara sel-jaringan-organ-sistem organ.
·         Guru meminta siswa mengumpulkan informasi berbagai jaringan pada tumbuhan dengan membaca buku teks, kemudian menyusunnya dalam bentuk tabel yang berisi nama jaringan, ciri-ciri, gambar dan fungsinya.
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa membaca buku sambil teks, kemudian menuliskan hasil bacaannya dalam bentuk  tabel.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi berbagai jaringan pada tumbuhan.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa dan guru menyimpulkan berbagai jaringan tumbuhan.
·         Guru meminta siswa untuk mempelajari organ pada tumbuhan untuk persiapan Kegiatan 2.1 dan 2.2.

Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mempersiapkan kegiatan pengamatan jaringan tumbuhan dengan menggunakan Kegiatan 2.1 dan 2.2 (obyek dapat ditambah dengan batang).
·         Siswa mempersiapkan alat dan bahan pengamatan.
B.   Kegiatan inti (75 menit)
·         Siswa mempersiapkan mikroskop untuk pengamatan.
·         Siswa membuat preparat potongan membujur daun, kemudian mengamati dengan mikroskop dengan perbesaran 10 x 10 dan 10 x 40.
·         Siswa menggambar hasil pengamatan.
·         Siswa mengamati dengan mikroskop potongan melintang akar dan batang dengan perbesaran 10 x 10 dan 10 x 40.
·         Siswa mengambar hasil pengamatan .
·         Siswa menyusun laporan hasil pengamatan Kegiatan 2.1 dan 2.2.
C.   Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.

V. Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab II
·         Mikroskop
·         Akar, batang, dan daun

VI. Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan jaringan tumbuhan
·         Uji kompetensi tertulis

No comments: