BIOLOGI XI RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan : 6 dan 7
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan serta penerapannya dalam konteks Saling temas
Kompetensi Dasar : 2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengkait kannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
I. Indikator
· Mengidentifikasi berbagai jaringan pada tumbuhan
· Menyebutkan struktur dan fungsi berbagai jaringan tumbuhan
· Menggambar struktur akar, batang, dan daun
· Membandingkan struktur akar dan batang tumbuhan dikotil dan monokotil
II. Materi Ajar
· Struktur berbagai jaringan yang terdapat pada tumbuhan:
1. Jaringan meristem
2. Jaringan permanen
· Struktur mikroskopis organ tumbuhan
1. Akar
2. Batang
3. Daun
2. Metode Pembelajaran
Studi membaca - Pengamatan mikroskopis-Diskusi
3. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 6 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali tingkat organisasi kehidupan mulai dari sel sampai sistem organ.
· Guru meminta siswa menjelaskan hubungan antara sel-jaringan-organ-sistem organ.
· Guru meminta siswa mengumpulkan informasi berbagai jaringan pada tumbuhan dengan membaca buku teks, kemudian menyusunnya dalam bentuk tabel yang berisi nama jaringan, ciri-ciri, gambar dan fungsinya.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa membaca buku sambil teks, kemudian menuliskan hasil bacaannya dalam bentuk tabel.
· Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi berbagai jaringan pada tumbuhan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa dan guru menyimpulkan berbagai jaringan tumbuhan.
· Guru meminta siswa untuk mempelajari organ pada tumbuhan untuk persiapan Kegiatan 2.1 dan 2.2.
Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa untuk mempersiapkan kegiatan pengamatan jaringan tumbuhan dengan menggunakan Kegiatan 2.1 dan 2.2 (obyek dapat ditambah dengan batang).
· Siswa mempersiapkan alat dan bahan pengamatan.
B. Kegiatan inti (75 menit)
· Siswa mempersiapkan mikroskop untuk pengamatan.
· Siswa membuat preparat potongan membujur daun, kemudian mengamati dengan mikroskop dengan perbesaran 10 x 10 dan 10 x 40.
· Siswa menggambar hasil pengamatan.
· Siswa mengamati dengan mikroskop potongan melintang akar dan batang dengan perbesaran 10 x 10 dan 10 x 40.
· Siswa mengambar hasil pengamatan .
· Siswa menyusun laporan hasil pengamatan Kegiatan 2.1 dan 2.2.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
V. Alat/Bahan/Sumber
· Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono, Esis
· Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab II
· Mikroskop
· Akar, batang, dan daun
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan jaringan tumbuhan
· Uji kompetensi tertulis
No comments:
Post a Comment