BIOLOGI XI RPP 12
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sepuluh)/ II
Pertemuan : 15 dan 16
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu , kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar : 3.7 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI serta kelianan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi
I. Indikator
· Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada organ reproduksi pria
· Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada organ reproduksi wanita
· Mendeskripsikan proses fertilisasi dan kehamilan
· Menghubungkan alat kontrasepsi dan proses pencegahan kehamilan pada keluarga berencana
· Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi manusia
· Mengidentifikasi sistem reproduksi hewan
II. Materi Ajar
· Struktur organ reproduksi pria
· Struktur organ reproduksi wanita
· Proses oogensis dan ovulasi
· Siklus menstruasi
· Proses spermatogenesis
· Fertilisasi dan kehamilan
· Teknologi Keluaraga Berencana
· Kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
III. Metode Pembelajaran
· Diskusi- Penugasan- Pengamatan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 15 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (20 menit)
· Guru menanyakan pengertian, cara dan hasil dari proses reproduksi.
B. Kegiatan inti (60 menit)
· Dengan memberikan gambar alat reproduksi pria, siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagain dan fungsinya.
· Siswa bersama guru mendiskusikan proses pembentukan sperma (spermatogenesis) dan hormon yang berperan dalam proses tersebut.
· Guru memberikan gambar organ reproduksi wanita, kemudian meminta siswa untuk mengidentifikasi bagian-bagian dan fungsinya.
· Siswa bersama guru mendiskusikan proses pembentukan sperma dan telur .
· Siswa bersama guru mendiskusikan Kegiatan 10.1 siklus menstruasi.
· Berdasarkan Kegiatan 10.1 siswa bersama guru mendiskusikan siklus menstruasi dan hormon yang mempengaruhi proses tersebut.
· Dengan memperhatikan struktur organ reproduksi dalam wanita, siswa diminta mendeskripsikan proses fertilisasi dan proses kehamilan pada wanita.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan menyimpulkan sistem reproduksi pria dan wanita, proses spermatogenesis dan oogenesis, siklus menstruasi, fertilisasi, dan kehamilan.
Pertemuan 16 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali proses terjadinya fertilisasi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Dengan diberikan gambar organ reproduksi wanita dan pria siswa diminta mendiskusikan macam-macam KB dan prinsip kerjanya sehingga dapat mencegah kehamilan.
· Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa gangguan pada sistem reproduksi.
· Guru meminta siswa membaca sistem reprosuksi pada hewan dari buku teks, kemudian menyusun rangkuman.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai cara dalam KB dan gangguan pada sistem reproduksi manusia.
· Guru mengumpulkan hasil rangkuman siswa.
· Guru memberi tugas pada siswa untuk melakukan studi lapangan tentang budidaya ikan hias dengan mengunakan menggunakan Kegiatan 10.3.
V. Alat /Bahan/Sumber
· Buku Kerja Biologi 2B, Ign. Khristiyono, Esis
· Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab X
· Berbagai gambar alat reproduksi manusia
· Sentra usaha budidaya ikan hias
VI. Penilaian
· Rangkuman sistem reproduksi hewan
· Uji kompetensi tertulis
No comments:
Post a Comment