10 April 2011

Biologi SMA XI RPP 12



BIOLOGI XI RPP 12

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester         : XI (Sepuluh)/ II
Pertemuan                  : 15 dan 16
Alokasi Waktu            : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi      :     3.            Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu , kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar      :  3.7    Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI serta kelianan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
Tujuan                       :  Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi


I.    Indikator
·         Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada organ reproduksi pria
·         Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada organ reproduksi wanita
·         Mendeskripsikan proses fertilisasi dan kehamilan
·         Menghubungkan alat kontrasepsi dan proses pencegahan kehamilan pada keluarga berencana
·         Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi manusia
·         Mengidentifikasi sistem reproduksi hewan

II.  Materi Ajar
·         Struktur organ reproduksi pria
·         Struktur organ reproduksi wanita
·         Proses oogensis dan ovulasi
·         Siklus menstruasi
·         Proses spermatogenesis
·         Fertilisasi dan kehamilan
·         Teknologi Keluaraga Berencana
·         Kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia

III. Metode Pembelajaran
·         Diskusi- Penugasan- Pengamatan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 15 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menanyakan pengertian, cara dan hasil dari proses reproduksi.
B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Dengan memberikan gambar alat reproduksi pria, siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagain dan fungsinya.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan proses pembentukan sperma (spermatogenesis) dan hormon yang berperan dalam proses tersebut.
·         Guru memberikan gambar organ reproduksi wanita, kemudian meminta siswa untuk mengidentifikasi bagian-bagian dan fungsinya.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan proses pembentukan sperma dan telur .
·         Siswa bersama guru mendiskusikan Kegiatan 10.1 siklus menstruasi.
·         Berdasarkan Kegiatan 10.1 siswa bersama guru mendiskusikan siklus menstruasi dan hormon yang mempengaruhi proses tersebut.
·         Dengan memperhatikan struktur organ reproduksi dalam wanita, siswa diminta mendeskripsikan proses fertilisasi dan proses kehamilan pada wanita.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan menyimpulkan sistem reproduksi pria dan wanita, proses spermatogenesis dan oogenesis, siklus menstruasi, fertilisasi, dan kehamilan.

Pertemuan 16 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali proses terjadinya fertilisasi.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Dengan diberikan gambar organ reproduksi wanita dan pria siswa diminta mendiskusikan macam-macam KB dan prinsip kerjanya sehingga dapat mencegah kehamilan.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa gangguan pada sistem reproduksi.
·         Guru meminta siswa membaca sistem reprosuksi pada hewan dari buku teks, kemudian menyusun rangkuman.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai cara dalam KB dan gangguan pada sistem reproduksi manusia.
·         Guru mengumpulkan hasil rangkuman siswa.
·         Guru memberi tugas pada siswa untuk melakukan studi lapangan tentang budidaya ikan hias  dengan mengunakan menggunakan Kegiatan 10.3.

V.  Alat /Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2B, Ign. Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina,  Esis, Bab X
·         Berbagai gambar alat reproduksi manusia
·         Sentra usaha budidaya ikan hias

VI. Penilaian
·         Rangkuman sistem reproduksi hewan
·         Uji kompetensi tertulis

No comments: