Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 April 2011

Biologi SMA XII RPP 6



BIOLOGI XII RPP 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                  : 13
Alokasi Waktu            : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi  : Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi Dasar     :  2.3    Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein
Tujuan                       : Siswa mampu membedakan dan menjelaskan keterkaitan antara metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein

 =======================================================================                                              

I.       Indikator
·        Mendeskripsikan hubungan katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat

II.    Materi Ajar
·        Proses katabolisme lemak
·        Proses katabolisme protein
·        Hubungan proses katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat

III. Metode Pembelajaran
Diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 13 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menjelaskan bahwa dalam sel tidak hanya karbohidrat yang bisa menjadi bahan katabolisme untuk memperoleh energi, tetapi lemak dan protein juga.

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Dengan menggunakan Gambar 2.29, siswa bersama guru menjelaskan hubungan antara katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbandingan jumlah energi pada katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak

C.     Kegiatan akhir (20 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan proses katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein
·         Siswa bersama guru menyimpulkan perbandingan jumlah energi yang dihasilkan pada metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein

V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·         Buku kerja siswa 1IIA, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
            ·    Uji kompetensi tertulis

No comments: